Sistem Hormon pada Mollusca

Posted on

Sistem Hormon pada Mollusca

Sistem Hormon pada Mollusca – Pada postingan kali ini sobat, materi yang akan kita ulas yakni mengenai sistem hormon pada Mollusca dimana ada beragam contoh hewan mollusca. Mungkin hewan Molluca ini tidak terlalu familiar di telinga kalian ya sobat, juga mengenai ciri ciri hewan mollusca. Berikut ulasan sekengkapnya. Sebelum membahas mengenai Sistem Hormon pada Mollusca tersebut, ada baiknya apabila kita membahas sekilas mengenai hewan Mollusca. Berikut ulasan selengkapnya yaitu sebagai berikut.

1. Pengertian Hewan Mollusca

Mollusca merupakan kelompok hewan yang memiliki sifat tripoblastik slomata dan invertebrata yang memiliki tubuh lunak dan juga multiseluler. Istilah Mollusca berasal dari bahasa Yunani dari kata molluscus yang artinya lunak. Mollusca ini termasuk ke dalam hewan yang lunak baik dengan cangkang ataupun tanpa cangkang.

Pada saat ini, diperkirakan terdapat 75 ribu jenis, dengan ditambah 35 ribu jenis yang dalam bentuk posil. Molluska dapat hidup di air laut, air tawar, payau, dan darat. Habitat hewan Mollusca ini dapat berada di palung benua laut sampai dengan pegunungan yang tinggi, dan bahkan juga dapat kita jumpai dengan mudah di lingkungan sekitar rumah kita. Molluska dipelajari pada cabang zoologi yang biasa disebut dengan malakologi (malacology). Berikut ini ada beberapa hewan yang termasuk kedalam jenis hewan Mollusca ini antara lain sebagai berikut :

Baca Selengkapnya  Ciri Ciri Ubur Ubur dan Penjelasannya

– Kerang – kerangan
– Siput
– Kiton
– Cumi – cumi beserta kerabatnya yang sejenisnya.
Mollusca ini juga tergolong kedalam jenis filum yang terbesar kedua kerajaan binatang ( Animalia ).

2. Sistem Hormon Pada Mollusca

Sistem hormon pada Mollusca adalah sistem endokrin yang merupakan mekanisme komunikasi antar satu sel dengan sel yang lainnya, yang dimana nantinya sistem hormon tersebut memiliki fungsi untuk mengontrol dan juga guna mengkordinasikan proses biokikima, fisiologis yang didalamnya melibatkan sinyal nantinya dikeluarkan, hormon yang dapat mempengaruhi sel target dengan langsung, sebab pada intinya seluruh sel mengekspresikan seluruh reseptor bagi hormon yang diberikan sehingga dapat bereaksi saat hormon tersebut telah bereaksi.

Adapun yang mengatur kesemua sistem hormon tersebut yaitu dengan adanya kelenjar endokrin, dimana kelenjar endokrin ini yang mengatur sejumlah besar mekanisme homeostatis. Di dalam kelenjar endoktrin ini juga terdapat aktivitas neuron, otot, serta sel – sel pigmen selama perilaku spesifik seperti asupan makanan, bekerja, reprduksi, dan juga terdapat berbagai fungsi lain pada umumnya. Selain dari kelenjar endokrin tersebut, juga ada banyak lagi neuron dari sistem syaraf pusat dan perifer yang memproduksi hormon yang dilepasan secara lokal dalam rnag ekstraseluler, serta bisa juga kedalam aliran darah.

3. Sistem Organ Mollusca

Selain membahas mengenai sistem hormon pada Mollusca tersebut, kita juga akan membahas mengenai sistem organ pada Mollusca tersebut. Berikut ini penjelasan lengkapnya untuk kalian.

a. Sistem Peredaran Darah Mollusca

Sistem peredaran darah Mollusca adalah sebuah sistem peredaran darah terbuka, kecuali pada kelas cephalopoda. Arti sistem peredaran darah terbuka yaitu darah mengalir dari rongga terbuka pada tubuh dan tidak ada arteri atau vena utamanya yang bisa meningkatkan tekanan darah, sehingga tekanan darahnya lambat dan juga organ tergenang oleh darah. Sistem peredaran darahnya terdiri dari jantung dan pembuluh darah, jantung terdiri dari satu atau dua atrium dan satu ventrikel.

Baca Selengkapnya  Indera Penciuman Pada Manusia : Pengertian, Bagian - Bagian dan Fungsinya Lengkap

b. Sistem Pencernaan Mollusca

Sistem pencernaan pada Mollusca terdiri dari mulut, esofagus, lambung, usus dan juga anus. Pada jenis Mollusca tertentu, dibagian mulutnya terdapat organ seperti rahang dan juga lidah yang bergerigi yang dapat bergerak ke depan dan ke belakang.

c. Sistem Saraf Mollusca

Sistem saraf pada hewan Mollusca ini terdiri dari cincin saraf yang mengelilingi esofagus dan juga serabut saraf lainnya yang menyebar dari cincin tersebut yang tujuannya adalah untuk mempersarafi berbagai organ.

d. Sistem Ekskresi Mollusca

Sistem ekskresi Mollusca adalah berupa Nefridia yang memiliki peran mirip dengan ginjal, Nefridia juga mengeluarkan sisa metabolisme dalam bentuk cairan.

e. Sistem Respirasi Mollusca

Sistem respirasi pada hewan Mollusca ini berbeda-beda. Jika hewan yang hidup di air yang memiliki peran yaitu insang, sedangkan jika yang hidup di darat yang memiliki peran adalah paru-paru namun juga dapat terjadi melalui pertukaran udara dengan memakai terdapat di mantel, sistem ini fungsinya mirip dengan paru-paru.

4. Klasifikasi Molusca

a. Amphineura

Amphineura adalah jenis Mollusca yang masih primitif. Amphineura mempunyai tubuh simteri bilateral. Mempunyai beberapa insang di dalam rongga mantelnya. Hidup di sekitar panta. Contohnya adalah Chiton.

b. Scaphopoda

Scaphopoda merupakan jenis mollusca yang hidupnya di laut atau di pantai, memiliki cangkang yang tajam, memiliki bentuk seperti terompet, mempunyai kaki yang kecil, di kepalanya juga terdapat beberapa tentakel, dan tidak memiliki insang. Contohnya adalah Dentalium Vulgare.

c. Gastropoda

Gastropoda merupakan hewan yang memakai perutnya sebagai kaki. Hidupnya di darat, air tawar, maupun di laut. Umumnya Gastropoda mempunyai cangkang. Contohnya adalah Siput.

d. Cephalopoda

Cephalopoda memakai kepalanya sebagai alat gerak. memiliki endoskeleton, eksoskeleton, atau tanpa keduanya. Tubuhnya simetri bilateral. Tubuhnya terdiri dari kepala, leher, dan badan. Contohnya adalah Cumi-Cumi

Baca Selengkapnya  Sistem Hormon pada Mamalia

e. Pelecypoda (Bilvalvia)

Pelecypoda mempunyai bentuk kaki seperti kapak yang letaknya di anterior. Bilvalvia yaitu hewan bercangkang yang terdiri atas dua bagian. Mempunyai sistem saraf dan otak yang berkembang baik. Hidup di air tawar dan laut. Contohnya adalah Meleagrina (kerang mutiara), Anadonta (kijing), Ostrea (tiram), Panope Generosa (kerang raksasa).

Itulah pembahasan tentang Sistem Hormon pada Mollusca secara lengkap. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Ciri Ciri Hewan Insecta Terlengkap Beserta Penjelasannya

Bahaya Air Liur Hewan Komodo Secara Biologi