2 Proses (Fase) Pertumbuhan Tanaman Kacang Tanah Paling Lengkap

Posted on

Proses Pertumbuhan Tanaman Kacang Tanah Paling Lengkap

Proses pertumbuhan tanaman kacang tanah paling lengkap – kacang tanah merupakan biji dari buah polong-polongan yang tumbuh dalam tanah.. polong maupun kulit kacang tanah warnanya kecoklatan dan mempunyai corak garis-garis yang kasar, kulit tersebut kadang dipakai guna makanan ternak.

Sementara isinya adalah kacang tanah bentuknya kecil mirip krikil, keras, bulat-bulat dan mempunyai kulit tipis diluar daging buahnya. Rasa dari kacang tanah lumayan sedikit manis akan tetapi masih keras saat mentah maupun belum diolah.

Pertumbuhan Tanaman Kacang Tanah Paling

Kacang tanah paling terkenal mempunyai banyak protein nabati, vitamin B kompleks, zat besi, kalsium, vitamin K, vitamin A, vitamin E. Selain dengan rasanya enak ini, kacang tanah pun digemari sebab fungsinya untuk kesehatan tubuh, antara lain mencegah penyakit jantung, menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh dan mencegah tuberkulosis.

Selain itu bisa mencegah kanker, mencegah adanya diabetes, baik bagi kesehatan kulit, mengurangi depresi dan masih banyak lagi lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan kita yang perlu didalami.

1. Fase pertumbuhan kacang tanah

Sama halnya dengan polong-polongan yang lain, tanaman kacang tanah pun diperbanyak dengan generatif maupun lewat bebijiannya. Polongan kacang tanah yang isinya 10 hingga 15 biji. Bebijian tersebut yang lalu akan dikonsumsi serta dipakai bibit.

Pertumbuhan dengan sederhana berarti bahwa menjadi proses pertambahan ukuran sel maupun organisme yang bersifat cenderung ke kuantitatif maupun dapat diukur dengan irreversible maupun tak lagi dapat kembali di ukuran yang semula. Pertumbuhan ini dibagi menjadi 2 kelompok yaitu sekunder dan primer.

Pertumbuhan primer sendiri merupakan proses yang mana batang dan akar pun yang akan bertambah panjang. Pertumbuhan primer dialami dalam maristam apical dan titik titik tumbuhnya pula yang bersifat primer. Sementara pertumbuhan sekunder ini merupakan sebuah proses yang mana kegiatan sel eristem sekunder maupun kambium dan kambium gabus mendapatkan pengaruh ukuran yang berdiameter batang dalam tanaman.

Berhubungan dengan pertumbuhan dari kacang tanah, mulai dari proses perkecambahan. Proses tersebut adalah tahapan awal sekali dari pertumbuhan dari tanaman yang dijalankan ketiledon di dalam biji. Perkecambahan dalam kacang tanah sendiri merupakan perkecambahan hipogeal yang bertanda yakni mengalami pembentangan ruas batang paling atas maupun epikotil serta sebagai daun lembaga yang tertarik di arah atas tanah. Namun, ketiloden tetap ada/ tertahan di dalam tanah.

Proses perkecambahan dalam pertumbuhan kacang hijau mengalami di sejumlah tahapan, diantaranya :

  • Tahap 1 yang mana air masuk di dalam biji maupun terkenal dengan istilah imbibisi
  • Tahap 2 yang mana embrio diaktifkan kembali untuk melepaskan hormon yang namanya hormon giberelin
  • Tahap 3 yang mana mengalami pendorongan dari aleueron maupun lapisan super tipis yang terdapat di endosperm
  • Tahap 4 ditandai adanya sintesis enzim amilase, maltase serta protease. Fungsi enzim amilase dapat kalian pelajari lebih lanjut.
  • Tahap 5 adalah fase yang mana enzim mencegah cadangan makanan di endosperm serta sebagai energi guna pertumbuhan serta energi guna membentuk sel. Sesduah tahapan tersebut, kadang batang serta daun mulai terlihat.

2. Faktor faktor yang berpengaruh pertumbuhan

Pertumbuhan kacang tanah (sama halnya dengan tanaman lainnya) mendapat pengaruh oleh sejumlah faktor. Faktor tersebut secara garis besarnya ini dibedakan jadi 2 bagian, yakni :

• Faktor eksternal

Faktor eksternalnya sendiri adalah pengaruh dari luar yang akan berpengaruh terhadap proses tumbuh tanaman kacang. Faktor eksternal diantaranya meliputi air dan mineral, lalu kelembaban udara serta tanah, lalu suhu dan cahaya juga.

• Faktor internal

Faktor internal ialah hal hal yang asalnya dari dalam tanaman tersebut sendiri meliputi hormon dintaranya ialah auksin, gas etilen, giberelin, asam absisat, kalin, dan sitokinin. Dengan mendetail ini, hormon kalin terdiri atas rhizokalin yang fungsinya merangsang pembentukan akar, kaulokalin yang bertanggung jawab atas merangsangnya pembentukan batang, anthokalin yang fungsinya merangsang pembentukan bunga serta yang terakhir ialah hormon fitokalin yang bertugas dalam merangsang pembentukan daun.

Panen kacang tanah

Usia panennya kacang tanah ini bergantung sekali dengan varietas benih yang ditanam. Tanaman kacang tanah bisa dipanen ketika usia 3 bulan guna varietas benih unggul serta mencapai di usia 5 bulan guna varietas benih yang masih kurang bagus.
Kenali ciri dair tanaman kacang tanah siap panen, untuk cara menanamnya dengan benar antara lain :

  • Batang mulai mengeras
  • Polong warnanya coklat kehitaman
  • Sebagian besar daun ini sudah lekas menguning serta berguguran
  • Jika dipegang polongnya maka terasa keras serta isinya penuh
  • Panen harus dijalankan dengan serempak

Kacang tanah ini adalah komoditas strategis sebab permintaan pasar yang lumayan tinggi guna bahan pangan, pakan atau industri. Tanaman kacang tanah cocok sekali ditanam pada daerah dataran rendah yang mempunyai suhu tinggi.

Sehingga tanaman kacang tanah cocok sekali untuk dibudidayakan pada musim kemarau yang panjang dibandingkan musim hujan.
Selain itu pun pupuk diperlukan, pupuk kacang tanah ini memerlukan pupuk yang organik dengan kandungan unsur hara makro serta mikro lengkap dan harus mengandung bakteri menguntungkan supaya pertumbuhan tanaman maksimal. Untuk meningkatkan produktivitas terhadap kacang tanah harus ada perlakuan degan tepat dan juga benar.

Jadi, itu tadi ulasan mengenai Proses pertumbuhan tanaman kacang tanah paling lengkap. Tanaman kacang tanah ini suka dengan tipe tanah yang gembur. Oleh karena itu media tanamnya bila membudidayakan kacang tanah seharusnya mempunyai bahan organik tinggi. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Manfaat Menanam Satu Juta Pohon Bagi Lingkungan

Proses Pertumbuhan Tanaman Selada Air Paling Lengkap