Proses Pertumbuhan Tanaman Bunga Mawar Paling Lengkap

Posted on

Proses Pertumbuhan Tanaman Bunga Mawar Paling Lengkap

Proses pertumbuhan tanaman bunga mawar paling lengkap – bunga mawar berasal dari rosa canina yang menghasilkan buah agregat (yakni berkembang satu bunga dengan putik banyak) yang dikenal dengan rose hips. Masing masing putik ini berkembang jadi satu buah tunggal, sementara kumpulan buah tunggal akan dibungkus daging buah bagian luar. Berikut ini Proses pertumbuhan tanaman bunga mawar paling lengkap.

Proses Pertumbuhan Tanaman Bunga Mawar Paling Lengkap

Spesies dengan bunga terbuka lebar ini cenderung mengundang kedatangan lebah maupun serangga lain guna membantu penyerbukan yang dominan menghasilkan lebih banyak buah. Mawar dari hasil pemuliaan menghasilkan bunga dengan berdaun mahkota menutup rapat jadi menyulitkan saat penyerbukan.

Sebagian dari buah mawar yang warnanya merah dengan sejumlah perkecualian misalnya rossa pimpinelifolia yang bisa menghasilkan warna ungu sampai hitam.
Selama 45 hari maka waktu yang di perlukan untuk kebanyakan bunga mawar agar bisa menumbuhkan bunga baru sesudah habis dipotong, terkecuali untuk mawar semi holland (sexy red) serta mawar orange semi holland (vodoo) kurang lebih tumbuh dengan lebih lambar yaitu 50 – 55 hari.

Mawar orange serta lebih lagi untuk mawar merah semi holland memang mawar yang lambat sekali pertumbuhannya padahal khususnya untuk mawar merah (sexy red) merupakan mawar yang banyak sekali diminati. Untuk proses pertumbuhannya snediri diantaranya berikut ini :

1. Tahap awal pertumbuhan

Ketika air masuk di dalam biji, sejumlah enzim mulai aktif dan bisa menghasilkan di beragam jenis reaksi kimia. Kerja enzim tersebut diantaranya bisa mengaktifkan metabolisme dalam biji dengan cara mesintesisi cadangan makanan untuk persediaan cadangan makanan di waktu perkecamabhan berlangsung yang digunakan guna berkecambah.

2. Perkecambahan

Perkecambahan merupakan munculnya plantula (tanaman kecil) dari dalam biji sebagai hasil pertumbuhan serta perkembangan embrio. Di dalam perkembangan embrio ketika berkecambah, di bagian plumula tumbuh serta berkembang sebagai batang, sementara untuk radikula akan menjadi bagian bagiannya akar.

3. Pertumbuhan primer

Sesudah fase perkecambahan kemudian diikuti dengan pertumbuhan 3 sistem jaringan meristem primer yang letaknya ada di bagian batang dan akar. Nah, di fase inilah maka tumbuhan akan membentuk akar, batang lalu daun. 3 sistem jaringan primer yang membentuk itu antara lain :

  • Protoderm, yakni lapisan paling luar yang nantinya akan membentuk jaringan epidermis.
  • Meristem dasar yang nantinya akan berkembang sebagai jaringan dasar yang akan mengisi lapisan korteks di bagian akar antara lain epidermis dan stle
  • Prokambium, yakni lapisan dalam yang nantinya akan berkembang sebagai silinder pusat, yakni xilem dan floem.
  • Pertumbuhan primer dalam akar
    Akar muda yang nantinya keluar dari biji akan segera masuk di dalam tanah, kemudian membentuk sebuah sistem perakaran tanaman. Di bagian ujungnya akar yang masih mudah ada 4 daerah pertumbuhan berikut ini.

4. Tudung akar (kaliptra)

Tudung akar maupun kaliptra fungsinya menjadi pelindung dari benturan fisik ujung akar dari tanah sekeliling pertumbuhan. Fungsi lain dari ujung akar yakni memudahkan akar untuk menembus tanah sebab tudung akar lengkap dengan sekresi cairan polisakarida. Bagian bagian akar dikotil dan monokotil dapat kalian pelajari lagi lebih lanjut.

5. Meristem

Meristem ialah bagian dari ujung akar yang selnya selalu menjalankan pembelahan dengan mitosis. Meristem tersebut letaknya ada di bagian belakang tudung akar. Di bagian tumbuhan dikotil, sejumlah sel tudung akar yang rusak nantinya akan digantikan dengan sel sel baru yang dihasilkan oleh sejumlah sel meristem primer dari perkembangan sel sel meristem apikal.

6. Daerah pemanjangan sel

Daerah pemanjanan sel letaknya ada di bagian belakang daerah meristem. Sejumlah sel dari hasil dari pembelahan meristem tumbuh serta berkembang memanjang di daerah tersebut. Kegiatan pertumbuhan serta perkembangan memanjang dari sel ini menyebabkan sel pada daerah tersebut jadi lebih lambat dibanding bagian lainnya. Pemanjangan sel ini perannya penting guna membantu daya tekan akar serta proses pertumbuhan memanjang akar.

7. Daerah diferensiasi

Di daerah diferensiasi ini, maka sejumlah hasil pembelahan serta pemanjangan akan berkelompok sesuai dengan kesamaan struktur. Sejumlah sel yang mempunyai kesamaan struktur, lalu akan mendapatkan tugas membentuk jaringan khusus.

8. Pertumbuhan primer di bagian batang

Pertumbuhan serta perkembangan primer di batang mencakup daerah pertumbuhan (titik tumbuh), yakni daerah pemanjangan serta daerah diferensiasi. Walaupun meristem apikal di bagian batang dibentuk sel sel yang selalu membelah di bagian ujung tunas yang dikenal dengan nama kuncup.
Di dalam kuncup inilah maka ruas batang serta tonjolan daun kecil (primordia) mempunyai jarak pendek sekali sebab jarak intermodus (antarruas) pendek sekali. Pertumbuhan, pembelahan serta pemanjangan sel mengalami di dalam intermodus.

9. Pertumbuhan sekunder

Sesudah meristem primer akan membentuk jaringan permanen, lalu meristem sekunder akan terjadi pertumbuhan sekunder. Pertumbuhan sekunder ini hanya mengalami di bagian tumbuhan dikotil, yakni pembentukan kambium yang membentuk parenkim maupun kolenkim.

Syaratnya tumbuh bunga mawar

Tanaman mawar kebanyakan akan tumbuh di daerah belahan bumi utara, jadi menghendaki berikut :

a. Iklim

  • Curah hujan 1500-3000 mm pertahun
  • Sinar matahari 5-6 jam perhari
  • Temperatur 18-26 derajat
  • Kelembaban udara 70-80%
  • Ketinggian tempat 560-800 mdpl

b. Media tanam

  • Jenis tanah latosol
  • Tekstur tanah berpasir
  • Struktur tanah gembur, subur dan kaya organik

Nah, itu tadi mengenai Proses pertumbuhan tanaman bunga mawar paling lengkap. Bunga matahari bisa tumbuh secara baik di dataran rendah sampai tinggi bergantung kondisi sinar matahari penuh/ tak terlalu dingin. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Jaringan Palisade (Jaringan Tiang) pada Daun : Penjelasan Beserta Fungsinya Lengkap

Jenis Daun Menyirip : Penjelasan dan Contohnya Lengkap