Mollusca – Pengertian, Ciri, Peranan atau Manfaatnya Lengkap

Posted on

Peranan Mollusca Yang Menguntungkan

Peranan Mollusca Yang Menguntungkan – Apa itu Mollusca? Bagi anda yang belum terlalu mengenai organisme yang satu ini pasti muncul banyak pertanyaan. Seperti apa Mollusca itu? Apa peranannya bagi kehidupan manusia? Pertanyaan ini mungkin telah lama mengganggu pikiran anda yang belum terlalu mengenal Mollusca. Perlu anda ketahui Mollusca merupakan kelompok hewan yang memiliki tubuh lunak dan pada umumnya berhabitat diperairan. Mollusca menempati persentase yang besar dibawah subkingdom hewan invertebrata.

Mollusca

Ciri Ciri Mollusca

Berikut ini beberapa ciri-ciri yang dimiliki Mollusca.

  1. Memiliki system ekskresi yang salah satunya ditandai dengan adanya organ dengan nama nefridia. Organ inilah yang membedakannya dari system ekskresi hewan vertebrata.
  2. Tersusun dari triploblastik selomata
  3. Berkembangbiak dengan cara perkawinan (Seksual)
  4. Memiliki tubuh yang berstruktur simetris bilateral
  5. Pada umumnya memiliki sifat hermafrodit (yang dalam satu spesies terdapat tanda-tanda kelamin jantan dan juga betina)
  6. Mempunyai organ yang disebut dengan radula (lidah bergigi)
  7. Memiliki sistem peredaran darah terbuka.

Peranan Mollusca Yang Menguntungkan

Spesies dan genus dari Mollusca sangat banyak, setidaknya ada 5 kelas dalam klasifikasi Mollusca, yaitu amphineura, chepalopoda, gastropoda, dan pelecypoda. Pada umumnya Mollusca memiliki peran yang dapat menguntungkan dan juga merugikan. Selain itu, keragaman spesies dari Mollusca menjadi salah satu pelengkap keanekaragaman hayati di Indonesia. Nah, berikut ini Peranan Mollusca Yang Menguntungkan bagi manusia.

1. Sebagai sumber makanan berprotein tinggi

Sekarang ini pembudidayaan Mollusca telah lama dilakukan sebagai sumber makanan. Apalagi terdapat beberapa hewan Mollusca yang mempunyai nilai jual lebih tinggi dibandingkan dengan sumber protein seperti daging merah dan ikan. Spesies Mollusca yang telah lama dimanfaatkan sebagai bahan konsumsi, yaitu sebagai berikut:

  • Kerang dara, hewan yang memiliki cangkang ini telah lama dikonsumsi dalam berbagai jenis olahan masakan. Bahkan kerang ini menjadi salah satu menu wajib yang ada di warung seafood. Kerang dara memiliki kandungan protein tinggi namun rendah lemak, beberapa vitamin dan juga mengandung mineral baik.
  • Cumi-cumi, merupakan hewan yang menjadi menu wajib dalam restoran seafood. Pada umumnya menu cumi-cumi sering disandingkan dengan udang serta dapat juga disajikan sendiri sebagai menu utama. Terdapat jenis cumi-cumi yang dapat dikonsumsi karena mengandung banyak protein.
  • Bekicot, hewan satu ini dapat digunakan sebagai obat. Bahkan telah banyak budidaya siput yang saat ini banyak dikembangkan. Bagi sebagian orang, mengkonsumsi hewan yang satu ini masih sangatlah tabu. Hal ini dikarenakan siput memiliki lendir yang menurut beberapa orang merasa jijik dan jorok. Akan tetapi, sebenarnya kandungan gizi yang dimilikinya tidak kalah dengan hewan lain. Sekarang ini sudah banyak outlet restoran yang menjadi restoran dengan menjual sate siput.

2. Penghasil mutiara

Mutiara merupakan salah satu bahan pembuat perhiasan yang memiliki nilai jual tinggi. Satu butir mutiara memiliki nilai yang setara dengan permata, intan, atau topas. Mutiara merupakan benda padat yang dapat diproduksi dalam jaringan lunak Mollusca hidup. Salah satu hewan yang dapat menghasilkan mutiara adalah Tiram mutiara. Selain itu, masih ada beberapa spesies tiram penghasil mutiara, yaitu berasal dari famili pteriidae dan ada juga yang berasal dari Mollusca air tawar.

3. Sebagai salah satu bahan baku kosmetik

Peranan Mollusca Yang Menguntungkan selain sebagai bahan konsumsi, Mollusca juga dapat dijadikan sebagai bahan baku kosmetik. Biasanya bahan baku kosmetik ini dipergunakan untuk menghaluskan dan bermanfaat dalam mencerahkan kulit. Spesies yang sering digunakan sebagai bahan kosmetik, yaitu bekicot (Achatina Fullica). Terdapat enzim yang terkandung di dalam liur siput yang terbukti mampu melawan penuaan. Oleh karena itu, banyak bahan baku kosmetik yang terbuat dari air liur bekicot.

4. Sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan

Selain memiliki tubuh yang lunak, beberapa spesies dari Mollusca mempunyai cangkang. Terdapat cangkang yang berada di luar seperti bekicot dan kerang. Namun, ada juga cangkang yang berada di dalam, seperti cumi-cumi. Hal tersebut tergantung kelas serta familinya. Dari beberapa spesies mempunyai cangkang dengan bentuk dan warna yang indah. Sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan.

5. Berperan dalam indikasi pencemaran air

Beberapa Mollusca terdiri dari bivalvia. Dalam ekosistemnya hewan ini dapat menyaring makanan dan menumpuk polutan disekitar tempat mereka. Lingkungan dengan tingkat polusi tinggi dapat menghasilkan tumpukan polutan yang banyak. Sehingga memudahkaan para ahli dalam mendeteksi pencemaran air.

6. Sebagai bahan teraso

Teraso merupakan salah satu bahan penutup (finishing) lantai dan dinding yang banyak dipakai dalam membangun villa dan rumah mewah. Teraso terbuat dari bahan baku batuan dan ada pula yang berasal dari cangkang dari beberapa jenis Mollusca.

7. Berperan sebagai pupuk dan bahan makanan burung piaraan

Pupuk yang dihasilkan dari Mollusca berasal dari proses dekomposisi, baik tubuh ataupun cangkang yang mengandung banyak mineral yang bermanfaat bagi kesuburan tanah. Selain itu terdapat beberapa spesies Mollusca yang dimanfaatkan sebagai pakan burung piaraan, seperti beberapa jenis siput.

Demikian penjelasan Peranan Mollusca Yang Menguntungkan bagi kehidupan manusia. Mollusca merupakan kelompok hewan yang memiliki tubuh lunak dan pada umumnya behabitat diperairan serta ada juga yang mempunyai cangkang. Selain itu, setelah kita telaah lebih mendalam ternyata beberapa Mollusca dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk konsumsi, dan bahan kosmetik. Semoga ulasan tersebut dapat bermanfaat dan berguna sebagai bahan referensi bagi yang membutuhkan.

Baca juga: