Klasifikasi Bakteri : Pengertian, Jenis, Pengelompokan dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian, Ciri, Jenis Pengelompokan dan Contoh Klasifikasi Bakteri Berdasarkan Bentuknya

Penjelasan lengkap klasifikasi bakteri berdasarkan bentuknya – seringkali kita menganggap bahwa bakteri dianggap buruk dalam kehidupan sehari-hari manusia. Faktanya, jenis jenis bakteri ini memang mengakibatkan hal hal buruk pada kehidupan manusia, seperti bakteri yang menyebabkan penyakit TBC, tetanus dan masih banyak penyakit lainnya yang diakibatkan infeksi bakteri.

Walaupun demikian, tidak semua bakteri dapat merugikan manusia, banyak peran bakteri yang menguntungkan kehidupan manusia. Contohnya, ialah fermentasi makanan, bakteri pengurai (dekomoser), bakteri dalam tubuh (microbiome), bakteri yang dipakai untuk pupu (biofertilizer) dll. pemanfaatan bakteri guna kehidupan manusia tidak ada batasnya dan pasti memiliki potensi.

Klasifikasi Bakteri

Klasifikasi bakteri dibagi menjadi empat kelompok, diantaranya : bakteri berdasarkan bentuknya, bakteri berdasarkan pewarnaan gram, bakteri berdasarkan suhu, dan bakteri berdasarkan kebutuhan oksigen. Masing-masing klasifikasi tersebut masing dibagi lagi menjadi beberapa kelompok. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang penjelasan lengkap klasifikasi bakteri berdasarkan bentuknya.

Berbasarkan bentuknya, bakteri dikelompokkan menjadi 3 jenis yakni bentuk tubuh yang serupa dengan batang atau dikenal sebagai basil, bentuk tubuh bulat atau dikenal sebagai kokus dan untuk bentuk yang terakhir ini tubuhnya menyerupai spiral atau dikenal dengan spirilium.

Berikut simak ulasan lengkapnya dibawah ini:

Bakteri Dengan Bentuk Batang ( Basil )

Basil atau dikenal dengan bacilli atau juga bacillius ialah kelompok bakteri yang bentuknya batang. Namun, terdapat pula genus bakteri yang namanya bacillus. Perbedaan ini hanya terletak pada penulisan yang meruju dai bentuk bakteri sendiri yakni bacillus tidak miring, sementara bacillus ini miring. Di dalam pengelompokkan bakteri yang dengan bentuk tubuh serupa batang atau biasa dikenal dengan basil ini menurut pengelompokannya dibedakan lagi menjadi 3 yakni :

1. Monobasil

Monobasil atau bakteri yang mempunyai bentuk tubuh serupa dengan batang tunggal. Pengelompokkan bakteri menurut bentuk monobasil ini misalnya seperti bakteri dalam usus yakni Escherichiacoli bakteri.

2. Diplobasil

Diplobasil adalah bentuk bakteri yang serupa dengan batang yang berkoloni dua. Pengelompokkan bakteri menurut bentuk diplobasil ini misalnya seperti salmonella typhosa yang menjadi bakteri penyebab dari penyakit typus.

3. Steptobasil

Steptibasil ialah bakteri yang bentuk batangnya dengan koloni yang lebih dari dua jadi kelihatannya berbentuk serupa dengan rantai. Pengelompokkan bakteri menurut bentuk steptobasil ini contohnya dapat kita lihat dalam bakteri pengikat nitrogen yakni Azotobacter atau contoh lain ada dalam bakteri penyebab antraks yakni Bacillus antracis.

Bakteri Dengan Bentuk Bulat Atau Coccus/ Kokus

Kemudian adalah pengelompokan bakteri dengan berbentuk bulat atau dikenal dengan sebutan coccus atau kokus. Organisme kokus dapat hidup dengan sendirinya, namun dapat pula hidup di dalam formasi dengan jenis bakteri kokus yang lain. Kokus ini memiliki bentuk yang bulat maupun bujur telur. Ukuran rata rata pada bakteri coccus ini kurang lebih 0,5 hingga 1 mikro meter. 2 kokus yang bergabung bernama diplocci sementara 4 kokus yang berbentuk kotak dikenal dengan nama tetrad. Berdasarkan dari jumlah dan bentuk koloninya, bakteri kokus dibagi lagi menjadi sejumlah kelompok, yakni :

1. Kelompok bakteri monococcus

Kelompok bakteri diploccocus ialah bakteri yang bentuknya bulat tunggal. Pengelompokan bakteri menurut bentuk monococcus seperti contoh yaitu dalam bakteri Neisseria gonorrhoeae.

2. Kelompok bakteri diplococcus

Kelompok bateri diplococcus ialah bakteri yang bentuknya bulat atau kokus dengan berjumlah koloni dua. Pengelompokkan bakteri menurut bentuk diplococcus seperti contoh dalam bakteri diplococcus pneumonia.

3. Kelompok bakteri streptococcus

Kelompok bakteri streptococcus ialah kelompok bateri yang bentuknya kokus atau bulat dengan saling bergandengan sehingga akan membentuk koloni yang serupa dengan rantai. Pengelompokkan bakteri menurut streptococcus seperti contoh yaitu streptococcus salivarius dan streptococcus lactis.

Bakteri Dengan Bentuk Spiral

Berbeda dengan yang berbentuk basil dan kokus yang masih dikelompokkan lagi menurut jumlah koloni yang dibentuk. Untuk bentuk spiral ini dibedakan lagi menurut spiral sempurna dan tidak serta dengan alat geraknya pula. Spirochetes atau dikenal dengan spirilia ini untuk sel tunggal artinya bakteri yang bentuknya melengkung. Banyak jenis bakteri spirilia yang mempunyai alat gerak dan kaku. Nah, untuk Pembagian kelompok spiral tersebut diantaranya ialah :

1. Kelompok bakteri spiral

Kelompok bakteri spiral ialah pengelompokkan bakteri bakteri yang menurut bentuk tubuhnya ini menyerupai spiral. Pengelompokkan dari bakteri berdasarkan bentuk spiral misalnya seperti spirillium.

2. Kelompok bakteri vibrio

Kelompok bakteri vibrio ialah bakteri yang serupa dengan bentuk koma, yang mana bentuk koma tersebut dianggap serupa dengan bentuk spiral dengan tidak sempurna. Pengelompokan bakteri menurut bentuk vibrio misalnya seperti penyebab pada penyakit kolera yakni vibrio cholera.

3. Kelompok bakteri spiroseta

Kelompok bakteri spiroseta ialah kelompok bakteri yang bentuknya spiral dan dapat bergerak. Pengelompokan bakteri menurut bentuk dari psiroseta ini misalnya seperti pada bakeri penyebab penyakit sifilis yakni spirochaerta palida.

Itulah tadi pembahasan tentang penjelasan lengkap klasifikasi bakteri berdasarkan bentuknya. Jadi, kesimpulan yang dapat diambil dari tulisan ini bahwa bakteri tidak hanya berdampak negative bagi kita, terdapat sejumlah bakteri yang dapat menguntungkan bagi kehidupan manusia. Nah untuk bakteri berdasarkan bentuknya dibagi menjadi 3, yakni meliputi bentuk tubuh yang serupa dengan batang atau dikenal sebagai basil, bentuk tubuh bulat atau dikenal sebagai kokus dan untuk bentuk yang terakhir ini tubuhnya menyerupai spiral atau dikenal dengan spirilium. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga: