Organ Pernapasan Ular

Posted on

Organ Pernapasan Ular

Organ pernapasan ular – di dunia ini yang luas ada keranekaragaman makhluk hidup dan apabila kita telusuri tak akan selesai sebab saking banyaknya kuota dari spesies makhluk hidup di dunia ini. Mulai dari makhluk hidup pun mempunyai keunikan serta ciri khas sendiri-sendiri.
Dua makhluk hidup yang ada di dunia ini termasuk jadi dua alam yakni ada di daratan dan ada di air, spesies yang bisa hidup di dua alam ini mempunyai perbedaan mencolok sekali, mulai dari bentuk fisiknya dan bagaimana cara bernafasnya atau sistem pernapasannya.

Akan tetapi, pada kesempatan kali ini akan dibahas lebih dulu tentang Organ pernapasan ular. Jadi ular ini tergolong jenis hewan reptile. Ular masih sejenis kadal sebab mempunyai sisik dan termasuk dalam reptil bersisik atau dikenal dengan squamata.

Perbedaan diantara ular dengan kadal ini mencolok sekali, yakni letaknya di anggota tubuh. Untuk ular, ia tidak mempunyai sama sekali kaki dan sementara untuk kadal mempunyai kaki yang jumlahnya 4 serta ekornya yang panjang. Secara umum, reptil tidak mempunyai daun telinga sama halnya dengan komodo serta hewan melata lain.
Ular mempunyai indera penciuman yang tajam sekali jadi bisa mendeteksi mangsanya di jarak jauh. Ular tergolong hewan pemakan daging yang kerap dijuluki sebagai hewan karnivora. Banyak sekali keunikan pada hewan satu ini.

Reptil yang satu ini terkenal mematikan sekali dan bahkan bila sekali korban kena gigitannya bisa membunuh ular king kobra, ular ini bisa dipakai untuk satu tetes raccunnnya yang bisa membunuh lebih dari 10 manusia dewasa. Sehingga kalian pun perlu hati hari bila sedang jalan di hutan.

Baca Selengkapnya  Siklus Hidup Trichuris Triciura : Pengertian dan Morfologi Terlengkap

Oke sobat mari kita bahas yang berhubungan secara kesulurahannya ular. Lebih dulu kita mengenal sistem pernapasannya, sebab banyak yang mencari tau informasi bagaimana bernafasnya ular. Lalu bagaimana ular bernafas dan masih banyak lainnya.

Sistem pernapasan ular

Alat pernapasan ular ini sebetulnya hampir sama dengan reptil, secara umum kesamaannya ini pun termasuk organ dalam ular yang mirip di intinya ular bernapas, yakni organ pentinya antara lain bronkus, trakea, kantung udara serta paru-paru.

Nah, ular nyatanya tak mempunyai diafragma sehingga pada waktu bernafas menggunakan oksigen maupun udara akan langsung masuk dalam paru-paru, meskipun tidak mempunyai paru-paru ular mmepunyai otot tubuh kuat dan mengandalkan tulang rusuk kuat oleh karena itu oksigen keluar masuk melalui organ itu.

Kantung udara fungsinya bisa menjadi organ yang bisa meneruskan proses hidrostatik pun akan mengatur tekanan udara di dalam rongga di tubuh ular sendiri. Nah, bagaimana kawan, sudah jelaskah pembahasan mengenai sistem pencernaan pada ular apa aja organ yang mempunyai peran di dalam ular ini.

Organ pernapasan ular

Ular pun mempunyai organ pernapasan yang lumayan baik, padahal ular ini kerap memakan makanan yang mempunyai ukuran besar dan hampir berlipat-lipat dari lebarnya mulut ular. Nah dalam organ pencernaan ular ini ada sejumlah organ yang penting sekali.

Dari mulut kerongkongan, kemudian usus kecil, usus besar dan lambung hingga ke kelenjar. Alur makannya masuk di dalam perut ular di proses lewat kerongkongan lebih dulu kemudian dilanjutkan dengan perlahan lewat kantung udara serta faring, berikutnya di bagian perut kemudian akan diteruskan di organ yang namanya usus kecil dan besar.

Di dalam perut ini nanti akan dicerna beragam nutrisi yang ada dalam makanan itu dan akan diproses jadi beragam nutrisi serta vitamin untuk pertumbuhan ular itu sendiri. Terdapat banyak sekali organ yang ada di dalam tubuh ular dan termasuk pula di dalam sistem pencernaan misalnya hati, limpa, kantung empedu dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Selengkapnya  Cacing Anisakis Sp : Pengertian, Klasifikasi, Morfologi, Siklus Hidup dan Bahayanya Bagi Manusia

Dari sejumlah sistem pencernaan ini mereka mempunyai tugas serta fungsinya masing-masing jadi bila salah satu organ ini terjadi kerusakan maka akan berdampak di kesehatan ular itu.

Sistem kardiovaskular dalam ular

Ular mempunyai banyak sekali organ yang menopang di dalam tubuhnya mulai sistem pencernaan, sistem pernapasan serta yang terkahir ini adalah sistem kardiovaskular. Sistem kardiovaskular ini yang ada di dalam ular unik sekali.

Ular mempunyai sistem kardiovaskular yang tidak dipunya hewan reptil lainnya, adapun sistem kardiovaskular ini adalah jantung, kelenjar timus, limpa, pangkreas dan empedu. Sebetulnya masih ada banyak organ tubuh yang ada dalam kardiovaskular akan tetapi Cuma bisa kami sampaikan sedikit saja. Salah satu fungsinya organ dalam kardiovaskular ini mempunyai fungsi menyaring darah dan mendaur ulangkan sel darah.

Cara berkembang biak ular

Sama halnya makhluk hidup lainnya ular pun bisa berkembangbiak, misalnya yang kita kenal ini adalah ular berkembangbiak melalui bertelur dan hampir semua spesies ular ini perkembangbiakannya lewat bertelur, akan tetapi apa kalian tau ular ini berkembangbiak dengan beranak.

Sama dengan ular kadut belang, ular bangkai laut, ular pucuk dan masih ada sejumlah spesies ulaar yang bisa beranak, sebetulnya tak sepenuhna ular itu beranak hanya saja ular ini menyimpan telurnya dalam rahim ular betina.

Bila sudah waktunya melahirkan maka barulah telur yang ada di dalam rahim sang ular betina akan mengeluarkan sendiri jadi akan nampak seperti melahirkan.

Demikianlah pembahasan mengenai Organ pernapasan ular. Ular mempunyai indra penciuman tajam sekali jadi bisa mendeteksi mangsanya di kejauhan, ular pun tergolong hewan karnivora yakni Cuma memakan daging saja. Nah, sobat bagaimana? Apakah kalian sudah jelas informasinya. Semoga bermanfaat.

Baca Selengkapnya  Alat Pernapasan Siput Terlengkap

Baca juga:

Jenis-Jenis Energi Dan Contohnya

Konsep Jaringan Makanan Dan Contohnya