Nanoteknologi : Pengertian, Penggunaan, Manfaat Beserta Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian, Penggunaan, Manfaat Beserta Contoh Nanoteknologi

Nanoteknologi dan Penjelasannya – Nanoteknologi adalah sebuah cabang ilmu yang berfokus pada materi-materi pada ukuran antara 1 hingga 100 nanometer (1 nm = 10 -9 meter). Pada dasarnya, nanoteknologi ialah peluasan sains-sains yang sedia ada ke skala nano. Dan juga merupakan perluasan ilmu-ilmu yang ada ke skala nano.


Salah satu aspek skala nano yang terpenting adalah bahwa semakin objek-objek menjadi kecil, semakin besar nisbahnya antara luas permukaan dengan isi padu. Salah satu aspek skala nano yang terpenting adalah bahwa semakin benda menjadi kecil, semakin besar nisbahnya antara luas permukaan dengan volume.

Teknologi-Nano ialah pembuatan dan penggunaan materi atau devais pada ukuran sangat kecil. Materi atau devais ini berada pada ranah 1 hingga 100 nanometer (nm). Satu nm sama seperti satu-per-milyar meter (0.000000001 m), yang berarti 50.000 lebih kecil dari ukuran rambut manusia. Saintis menyebut ukuran pada ranah 1 hingga 100 nm ini sebagai skala nano (nanoscale), dan material yang berada pada ranah ini disebut sebagai kristal-nano (nanocrystals) atau material-nano (nanomaterials).

Aplikasi Teknologi Nano

Teknologi Nano adalah teknologi masa depan. Diperkirakan dalam 5 tahun kedepan aspek kehidupan manusia akan menggunakan produk-produk dengan teknologi nano yang diaplikasikan dalam bidang berikut :

1. Medis Pengobatan

Molekul yang ada dalam skala nano yang bersifat multifungsi untuk mendeteksi kanker dan untuk penghantaran obat langsung ke sel target.

2. Farmasi

Sebagian besar obat-obatan dan kosmetika yang beredar di pasaran saat ini bekerjanya kurang optimal disebabkan karena zat aktifnya:

  • Memiliki tingkat kelarutan yang rendah.
  • Membutuhkan lemak agar dapat larut.
  • Mudah teragregasi menjadi partikel besar
  • Tidak mudah diabsorpsi dan dicerna

3. Kosmetik

Terobosan nanoteknologi dalam bidang kosmetika dan obat-obatan mampu menciptakan bahan kosmetika dan obat-obatan dengan efektivitas yang jauh lebih baik. Sebagai contoh adalah penggunaan liposom dalam formula obat dan kosmetika.

Liposom ialah vesikel berbentuk spheris dengan membran yang terbuat dari dua lapis fosfolipid (phospholipid bilayer), yang digunakan untuk menghantarkan obat atau materi genetik ke dalam sel.

Bagian phospholipid bilayer dari liposom dapat menyatu dengan bilayer yang lain seperti membran sel, sehingga kandungan dari liposom dapat dihantarkan ke dalam sel. Dengan membuat liposom dalam formula obat atau kosmetika, akhirnya bahan yang tidak bisa melewati membran sel menjadi dapat lewat. Manfaat sistem penghantaran zat aktif kosmetika dengan menggunakan liposom berukuran 90 nm adalah sebagai berikut :

  • Memiliki kemampuan untuk menghantarkan zat aktif sampai lapisan bawah kulit.
  • Mampu menghantarkan zat aktif lebih cepatk, sehingga didapatkan recovery yang lebih cepat pula.

4. Tekstil

Dengan menggunakan nanopartikel tekstil pakaian akan menjadi lebih mudah dibersihkan. Penambahan silver pada kaos kaki juga mempunyai pengaruh pengurangan bau pada kaki. Tetapi akhir-akhir ini para peneliti mengingatkan bahwa tidak semua produk kaos kali yang mengandung perak akan aman bagi lingkungan. Hal ini karena pada saat pencucian, pada produk yang kurang bagus, perak akan terikut ke air cucian. Hal ini bisa menyebabkan efek negatif pada biota air. Selain perak, TiO2 diguan akan juga pada UV cut. Contoh yang umum di pakai adalah pada payung.

5. Produk Perawatan

TiO3 dan SiO2 digunakan sebagai UV cut sedangkan apatite digunakan pada pasta gigi. Dan juga perak digunakan pada plester untuk mencegah infeksi dan emas nanopartikel digunakan pada tes kehamilan

6. Olahraga

Nanopartikel ini digunakan untuk membuat peralatan olahraga menjadi lebih kuat, lebih baik dan berdaya guna tinggi. Contohnya pada raket merk Yonex yang menggunakan serat carbon.

7. Perbaikan Rumah

Titania digunakan pada cat genting untuk membuat memberi efek pembersihan sendiri.

8. Produk Rumah tangga

Digunakan pada gelas, keramik, sepatu untuk berbagai macam pelapisan.

9. Untuk Penghematan Energi

Pemborosan energi, khususnya di Indonesia, memang lebih banyak disebabkan karena pola penggunaan yang belum efisien atau lebih terkait dengan budaya dan gaya hidup masyarakat. Namun sebenarnya banyak sekali teknologi yang dapat diterapkan untuk mengubah atau meminimalisir gaya hidup yang boros energi, sebagaimana terjadi di Indonesia.

Nanoteknologi di Indonesia

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia telah mengembangkan nanoteknologi sudah sejak tahun 2000an namun belum mampu mengkomersilkannya. Hal yang paling mendasar yang menghambat perkembangan teknologi nano di Indonesia adalah ketiadaan alat pengukuran (metrologi) nanomaterial. Bambang Subiyanto, Kepala Pusat Inovasi LIPI menyatakan bahwa sudah 13 tahun pengembangan nanoteknologi di Indonesia berjalan sehingga tahap yang dituju sekarang adalah komersialisasi produk nanomaterial berbasis kegiatan riset.

Peran Teknologi Nano Dalam IT

Peran dari teknologi nano dalam IT (information technology), sudah tidak diragukan lagi. Bertambahnya kecepatan komputer dari waktu ke waktu, meningkatnya kapasitas hardisk dan memori, semakin kecil dan bertambahnya fungsi telepon genggam, adalah contoh-contoh kongkrit produk teknologi nano di bidang IT. Kontribusi teknologi nano dalam pengembangan IT secara garis besar dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

1. Penambahan kepadatan jumlah device
2. Memungkinkannya Aplikasi Efek Kuantum
3. Penambahan fungsi baru pada sistem

Penambahan fungsi baru pada sistem yang sudah ada ini membuat material sama dalam ukuran kecil. Tetapi membuat suatu fungsi yang baru ketika atom atau molekul yang berbeda jenis disusun dalam suatu sistem device.

Manfaat Nanoteknologi Dalam Kehidupan Manusia

  • Bidang Kesehatan
  • Bidang Industri
  • Bidang Luar Angkasa
  • Bidang Teknologi Tahan Gempa
  • Bidang Teknologi Informasi

Itulah pembahasan mengenai Nanoteknologi dan Penjelasannya, semoga artikel kali ini bisa menjadi bahan referensi untuk kalian belajar. Terima kasih.

Baca juga: