Pencemaran Udara : Pengertian, Penyebab, Dampak, Cara Menanggulangi dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian, Penyebab, Dampak, Cara Menanggulangi dan Contoh Pencemaran Udara

Mengenal pencemaran udara – udara merupakan komponen penting yang perlu kita jaga. Hal tersebut dikarenakan semua makhluk hidup memerlukan udara. Akan tetapi, saat ini udara sudah tidak jernih lagi seperti dulu. Hal ini dikarenakan adanya pencemaran udara. Nah, dalam hal ini kita akan mengenal pencemaran udara dan cara menanggulanginya.

Pengertian, Penyebab, Dampak, Cara Menanggulangi dan Contoh Pencemaran Udara

Pengertian Pencemaran Udara

Pencemaran udara merupakan bahasa yang berasal dari gabungan antara pencemaran dengan udara. Istilah ini kita harus mengenalnya lebih dulu, kemudian kita ketahui apa yang dimaksud dengan pencemaran udara.
Pencemaran merujuk arti dari bercampurnya sejumlah zat maupun unsur yang harusnya tidak bercampur sehingga mengakibatkan hal yang buruk. Sementara udara merupakan elemen alam yang dibutuhkan sekali bagi kehidupan bumi, baik hewan, tumbuhan dan juga manusia.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa pengertian pencemaran udara merupakan situasi dimana udara akan bercampur bersama zat lain dan mengakibatkan kondisi buruk. Apalagi dikarenakan pencemaran udara sendiri, yang bisa membahayakan kehidupan seluruh penghuni bumi.
Penyebab dari ppencemaran udara ini beraneka ragam. Bisa dikarenakan oleh faktor alam maupun manusia, nah berikut penjelasannya dibawah ini.

Baca Selengkapnya  4 Manfaat dan Tujuan Biologi Di Bidang Kosmetik Lengkap

Sumber Pencemaran Udara

Secara garis besar, terdapat sumber pencemaran udara. Pertama alamiah dan kedua adalah buatan manusia. Keterangan lebih lanjutnya yaitu :

1. Sumber alamiah

Pencemaran udara alamiah ini manusia tidak mempunyai kewenangan mencegahnya. Pencemaran terjadi dengan alami serta banyak faktor yang dapat menyebabkannya. Antara lain faktor itu : munculnya gas beracun dipermukaan bumi, meletusnya gunung berapi, dikarenakan tanaman khusus, dan masih banyak lainnya.

2. Sumber buatan manusia

Berbicara lebih jauh mengenai sumber alamiah pencemaran udara maka hal ini dikarenakan faktor berikut : aktivitas industri, asap rokok, dll. Aktivitas seperti berikut tadi sudah jadi kebiasaan dan apalagi menjadi penunjang hidupnya manusia. Sebab itu, maka sangat sulit diatas/ mencegahnya.

Penyebab Pencemaran Udara

Nah, untuk mengenal penyebab dari sumber tersebut diantaranya :

1. Asap kendaraan bermotor yang mengakibatkan polusi

Di era tekonoligi yang makin canggih ini, pasti tak heran bila semua manusia sudah wajib mempunyai kendaraan motor. Dijalanan sudah banyak yang mengendarai sampai mobil pula. Akan tetapi, harus kalian tau bahwa asap dari kendaran ini akan mengakibatkan polusi yang berjumlah sangat banyak sehingga udara menjadi tercemar.

2. Pembangkit listrik

Saat ini masih banyak pembangkit listrik konvensional dengan memakai bahan kurang ramah lingkungan. Seperti gas, minyak atau batu bara. Nah, saat bahan bakar jadi gas tersebut pembakarannya tak sempurna, saat menyebar di urara bisa memicu efek berbahaya.

3. Berasal dari abu polutan gunung berapi

Di indonesia, gunung api masih aktif jumlahnya sangat banyak. Saat terjadi letusan gunung api ini maka bisa jadi stabilitas udara pada wilayah yang bersangkutan menjadi terganggu. Udara yang beredar jadi tak sehat untuk dihirup. Akan tetapi faktor ini adalah faktor alami sehingga sulit dihindari.

Baca Selengkapnya  6 Dampak Pencemaran Udara Terhadap Lingkungan dan Pencegahannya Lengkap

4. Limbah asap industri maupun pabrik

Penyebab pencemaran udara terbesar ialah limbah pabrik. Diberagam negara, suda pastti ada banyak pabrik berdiri. Sementara limbah dari asap pabrik ini tidak sedikit. Padahal limbah ini sangat tidak baik bagi kesehatan kita.

5. Limbah pertanian

Sebenarnya limbah pertanian ini juga bisa mengakibatkan pencemaran udara. Hal tersebut mengingat banyak pemakai pupuk serta bahan bahan kimia sebagai penunjang hasil panennya nanti. Sebenarnya ini juga tak baik di udara sebab mengakibatkan pencemaran bila berlebihan penggunaannya.

6. Beragam kegiatan pertambangan

Bila berbicara di indonesia, maka sudah pasti di negara kia ini banyak industri pertambangan. Penyebab utama pertambangan menjadi akibat pencemaran udara ialah saat mineral perut bumi diambil, maka polutan ini juga bisa muncul. Pertambangan dapat pula memicu beragam efek yang negatif, terutama saat proses pengeboran.

7. Aktivitas rumah tangga

Penyebab satu ini memang lumayan meragukan. Akan tetapi, tak bisa dipungkiri beragam aktivitas rumah tangga dapat pula menjadi pencemaran udara. Beberapa contohnya pembakaran sampah sembarangan dll.
Selain itu ada lagi kebakaran hutan dan efek timbunan sampah.

Dampak Pencemaran Udara

Dikarenakan penyebabnya ini dapat menimbulkan pencemaran udara, sudah pasti banyak dampak yang didapatkan. Dampak ini jangan di spelekan sebab bisa berakibat fatal. Diantarnya:

  1. Gangguan kesehatan
  2. Dampak ekonomi
  3. Dampak diaktivitas pertanian
  4. Hujan asam
  5. Kerusakan lapisan ozon
  6. Efek rumah kaca

Contoh Pencemaran Udara

Salah satu contoh dari pencemaran udara ini yaitu gas monoksida da karbondioksida. Untuk gas monoksida ini adalah gas yang berasal dari pembakaran tak sempurna. Gas tersebut mempunyai sifat beracun jadi memang lumayan berbahaya bila menyebar di udara. Kadang gas tersebut berkaitan dengan beragam aktivitas industri.
Kemudian gas CO2 ini dibutuhkan untuk proses fotosintesis tumbuhan. Namun bila intensitasnya meningkat akan tidak baik. Karbondioksida ditengah hutan meningkat bisa menimbulkan efek rumah kaca. Dan hal ini berbahaya untuk seluruh komponen dimuka bumi.

Baca Selengkapnya  Dampak (Positif dan Negatif) Penggunaan Pestisida Bagi Kehidupan Manusia

Cara Menanggulangi Pencemaran Udara

Mengingat sangat berbahayanya pencemaran udara ini, maka sudah pasti sangat penting bagi kita mencari cara penanggulangan. Diantaranya berikut :

  1. Pendidikan cinta alam dan lingkungan
  2. Penguatan hukum serta peraturan
  3. Pengawasan perusahaan industri
  4. Pengurangan bahan penghasil polutan
  5. Pemakaian bahan bahan ramah lingkungan
  6. Penghijauan lahan

Nah, sesudah kita mengenal pencemaran udara, maka saatnya kita memperbaiki alam untuk kehidupan semua makhluk dibumi. Untuk menjaga kesehatan udara, kita tak hanya melibatkan aparat saja. Namun seluruh komponen masyarakat pun iku berperan penting dalam memperjuangkannya. Dengan kerjasama baik maka kesehatan alam akan terjaga pula. Semoga bermanfaat.

Baca juga: