Manfaat Penerapan Bioteknologi

Posted on

Manfaat Penerapan Bioteknologi

Manfaat penerapan bioteknologi – sebelum kita mendalami tentang manfaat bioteknologi, ada baiknya memahami dulu apa yang dimaksud dengan bioteknologi. Jadi, bioteknologi ialah sebuah metode yang melibatka organisme hidup atau makhluk hidup guna menghasilkan produk baru jadi bisa bermanfaat untuk manusia. Lebih jelasnya akan kami rangkum dalam artikel ini dengan tema Manfaat penerapan bioteknologi.

Pengertian Bioteknologi

Kata bioteknologi dari dua kata yakni “bio” dan “teknologi”. Kata bio dapat diartikan sebagai kehidupan sedangkan kata “teknologi” artina sebuah cara ilmiah yang digunakan guna mencapai tujuan praktis.
Di era jaman bioteknologi tak hanya menurut biologi saja, namun beragam jenis ilmu terapan pula, misalnya biokimia, genetika, biologi molekuler, mikrobiologi, komputer dan masih banyak lagi lainnya. Dapat pula didefinisikan bioteknolgi yakni ilmu terapan yang menyatukan beragam jenis cabang ilmu dalam proses barang maupun jasa yang bisa bermanfaat bagi manusia.

Adaun ciri khususnya bioteknologi ini adalah :

1. Ada benda biologi misalnya seperti berbentuk mikroorganisme, hewan ataupun tumbuhan
2. Adanya pendayagunaan dengan teknologi maupun dengan insdustri dan juga produk maupun jasa yang sudah dihasilkan termasuk dari hasil ekstraksi maupun permurnian.

Manfaat Penerapan Bioteknologi

Adanya pendayagunaan dengan teknolohi ataupun dengan insdustri serta yang terakhir ini adalah produk maupun jasa yang dihasilkan adalah hasil dari ekstraksi ataupun permurnian.
Inilah manfaat dari penerapan bioteknologi :
Secara umum, ada banyak sekali manfaat dari pemakaian bioteknologi dala kehidupan sekeliling kita. Manfaat bioteknologi ini diantaranya berikut :

Baca Selengkapnya  4 Tipe Patahan Biologis Tanah Penyebab Gempa Besar
  • Bioteknologi mempunyai manfaat yakni dengan mengurangi adnaya pencemaran lingkungan. Dengan memakai cara penerapan di proses daur ulang yang dijalankan dengan memanfaatkan bakteri maupun mikroorganisme lain.
  • Selain tersebut, bioteknologi mempunyai khasiat maupun manfaat yang dapat membantu di dalam proses pengobatan dari beragam jenis penyakit sebab adanya bakteri.
  • Dengan memanfaatkan bioteknologi ini kalian pun dapat menciptakan beragam jenis obat dengan harga yang cenderung terjangkau dan efektif sekali dipakai.
  • Manfaat bioteknologi untuk yang terakhir ini bisa meningkatkan hasil produksi bidang pertanian, bidang perikanan dan bidang perkebunan.

1. Manfaat bioteknologi di dalam bidang pertanian

Dengan adanya bioteknologi di bidang pertanian, sejumlah manfaat yang dipunya antara lain :

  • Memiliki pengaruh penting di dalam menciptakan berbagai varietas unggul baru. Nah, salah satu contohnya ini yaitu berhasilnya memunculkan varietas unggul yang tahan dari hama, varietas unggul yang dapat bertahan ketika mengalami kekeringan melanda, lalu varietas unggul yang dapat bertahan terhadap serangan beragam jenis penyakit dan juga maish banyak lagi lainnya.
  • Manfaat bioteknologi pada produksi bibit dengan kurun waktu yang tak terlalu lama sudah bisa memberikan hasil yang bisa lebih banyak.
  • Keterbatasan lahan dapat teratasi
  • Mengendalikan hama serta penyakit tanaman
  • Dan beragam teknologi dengan rekayasa baru yang terus berkembang dalam usaha meningkatkan serta memperbaiki produksi tanaman dari semakin bertambahnya waktu.

2. Manfaat bioteknologi di dalam bidang medis

Peran bioteknologi di dalam bidang medis penting sekali dan sudah mempunyai beberapa temuan yang hingga saat ini sudah dimanfaatkan oleh semua umat dunia.
Salah satu prinsip dari bioteknologi yakni dipakai dalam membuat beberapa vaksin, antibiotik, hormon dan teknologi pengobatan. Sejumlah contoh produk dalam bioteknologi yang banyak dipakai di bidang medis diantaranya adalah :

  • Adanya penemuan antibiotik namanya penicilin
  • Adanya oenemuan berbagai aneka vaksin
  • Adanya penemuan salah satu hormon namanya hormon insulin
  • Keberadaannya teknologi ini dapat dimanfaatkan guna ditransfer gen, transplantasi beragam jenis organ dalam dan masih banyak lagi lainnya.
Baca Selengkapnya  9 Penyakit yang Disebabkan Oleh Virus Terlengkap

3. Manfaat bioteknologi dalam mengatasi sebuah problem lingkungan

Peran penting bioteknologi di dalam mencegah serta mengatasi masalah pencemaran lingkungan, yakni :

  • Dapat menciptakan energi baru yang lebih ramah dari lingkungan sekeliling, misalnya seperti biogas, biodiesel dan biotanol.
  • Sementara untuk manfaat lainnya terhadap bioteknologi adalah mengatasi pencemaran, prinsip bioteknologi pun menawarkan teknologi pengolahan beberapa limbah industri lewat dengan teknologi bioremediasi.

Dampak Negatif Bioteknologi

Bioteknologi pun memiliki sisi negatifnya juga, yakni bisa berdampak negatif yang bisa membahayakan khususnya untuk orang yang kurang memahami dari lingkungan sekitar. Terdapat peraturan maupun sejumlah etika yang harus dijalankan dalam mengembangkan produk bioteknologi. Berikut ini merupakan dampak negatif terhadap bioteknologi, yakni :

  1. Rusaknya ekosistem
    Dapat menurunkan jumlah dari spesies tanaman yang terdapat di alam sebab adanya teknologi rekayasa genetik yang berlebihan.
  2. Hilangnya sejumlah jenis hewan dan tumbuhan khusus
    Jika berlebihan menjalankan rekayasa teknologi genetika, maka hewan dan juga tumbuhan dengan kualitas yang kurang baik alaminya bisa terjadi kepunahan.
  3. Mengakibatkan alergi
    Tidak semua orang cocok pada gen asing yang telah dimasukkan di dalam tubuhnya. Sehingga wajib untuk berhati-hati ketika akan mengonsumsi produk yang telah dihasilkan dari bioteknologi.
  4. Terjadinya pencemaran biologis
    Hal ini terjais sebab tak terkendalinya penyebaran pada organisme transfenetik.

Contoh Bioteknologi

Contohnya bioteknologi produk makanan seperti dibawah ini :

  1. Yoghurt
  2. Keju
  3. Mentega

Sementara Contoh bioteknologi produk olahan kacang antara lain :

  1. Kecap dengan tauco
  2. Tempe dan oncom

Demikian pembahasan mengenai Manfaat penerapan bioteknologi. Sebetulnya bioteknologi telah dilakukan oleh manusia sudah semenjak dulu, namun baru sekarang ini disadari bahwa manusia telah bertahun-tahun atau sudah semenjak dulu memakai mirkoorganisme guna membuat makanan misalnya seperti pada oncom dan tempe. Sekian dan semoga pembahasan ini dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Baca Selengkapnya  Protozoa (Pengertian, Contoh Dan Jenisnya) Terlengkap

Baca juga:

Protozoa (Pengertian, Contoh Dan Jenisnya) Terlengkap

10 Manfaat Biologi Dalam Bidang Budidaya Dan Pertanian Pengelolaan Lingkungan