Vitamin : Pengertian, Macam-Macam dan Fungsinya Terlengkap

Posted on

Macam-Macam Vitamin dan Fungsinya Terlengkap

Macam-Macam Vitamin dan Fungsinya – Vitamin merupakan salah satu jenis dari gizi yang proses penyusunannya tidak bisa dilakukan sendiri oleh tubuh. Akan tetapi, dapat masuk ke dalam tubuh bersamaan dengan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Vitamin tidak bisa memberikan energi di area tertentu dalam tubuh dan tidak berfungsi sebagai zat yang digunakan untuk membangun tubuh. Walaupun begitu, vitamin bisa dikatakan juga penting bagi tubuh.

Vitamin : Pengertian, Macam-Macam dan Fungsinya Terlengkap

Pada artikel kali ini, kami akan membagikan informasi tentang Macam-Macam Vitamin Dan Fungsinya yang wajib Anda ketahui mulai dari sumber vitamin, manfaat dan akibat jika kekurangan vitamin dalam tubuh.

Macam Macam Vitamin

Berbagai jenis vitamin memiliki fungsi masing-masing yang sangat spesifik dalam membantu proses metabolisme tubuh, proses pemeliharaan kesehatan, petumbuhan dan juga perkembangan pada tubuh.
Apabila tubuh kita mengalami kekurangan terhadap salah satu vitamin saja, maka kesehatan tubuh akan menjadi terganggu dan mudah terserang penyakit. Akan tetapi, dengan begitu pentingnya keberadaan vitamin untuk tubuh kita, ternyata tubuh kita hanya membutuhkan vitamin dengan jumlah yang sedikit.

Sebab, apabila terlalu banyak makan ataupun minum vitamin, maka vitamin akan larut dan terbuang bersamaan dengan keluarnya urin dari dalam tubuh kita. Selain itu, keberadaan dari vitamin tidak bisa digantikan dengan senyawa-senyawa lainnya. Jadi, secara mutlak tubuh kita membutuhkan vitamin.

Berikut ini adalah 14 Macam-Macam Vitamin Dan Fungsinya yang diperlukan oleh tubuh kita untuk menunjang proses metabolisme tubuh, berikut penjelasannya :

Baca Selengkapnya  Hewan Annelida - Pengertian, Ciri-Ciri Beserta Penjelasannya

1. Vitamin A

Vitamin A sering dikenal dengan nama retinol memiliki peran dalam menjaga kesehatan tubuh, terutama organ mata. Vitamin A juga mempunyai peran untuk menjaga kesehatan kulit, mempertahankan sistem kekebalan tubuh, memelihara pertumbuhan gigi serta tulang, dan mendukung perkembangan janin. Vitamin A juga berfungsi untuk mencegah terjadinya risiko komplikasi dan perburukan penyakit campak terutama pada anak-anak. Untuk menghindari kekurangan vitamin A, konsumsilah beragam makanan yang merupakan sumber vitamin A, seperti wortel, bayam, hati, ikan, ayam, telur, dan produk olahan susu.

2. Vitamin B

Pada dasarnya, keseluruhan vitamin B kompleks ini memiliki peranan penting di dalam tubuh, seperti mencegah infeksi, meningkatkan fungsi otak, menunjang produksi sel darah merah, meningkatkan energi, membantu proses pencernaan, serta menjaga kesehatan jantung dan saraf. Anda bisa mencukupi kebutuhan vitamin B kompleks dengan mengonsumsi produk olahan susu, telur, ayam, bayam, buncis, kacang kedelai, kacang merah, jeruk, pisang, serta semangka.

Vitamin B kompleks adalah kelompok vitamin yang terdiri dari 8 jenis vitamin B, berikut jenis vitamin B:

  1. B1 (thiamine) – untuk mendukung kesehatan saraf dan sumber energi.
  2. B2 (riboflavin) – untuk menjaga kesehatan mata dan kulit.
  3. B3 (niacin) – untuk menjaga kesehatan sistem saraf sekaligus sebagai pengubah makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi energi.
  4. B5 (pantothenic acid) – untuk pertumbuhan dan produksi hormon.
  5. B6 (pyridoxine) – untuk pembentukan hemoglobin.
  6. B7 (biotin) – sebagai pemecah lemak dan karbohidrat.
  7. B9 (folat) – untuk produksi sel darah merah dan menjaga dna.
  8. B12 (cobalamin) – membantu produksi sel darah merah.

3. Vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat merupakan salah satu jenis vitamin yang mempunyai peran dalam pertumbuhan dan perbaikan pada sel-sel tulang, gigi, serta kulit. Selain itu, vitamin C juga berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai infeksi, membantu penyerapan zat besi, mempercepat penyembuhan luka, serta sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Beberapa jenis makanan yang menjadi sumber vitamin C adalah jeruk, blewah, jambu biji, tomat, stroberi, kiwi, brokoli, kubis, dan paprika merah.

Baca Selengkapnya  Ciri Ciri Tumbuhan Paku (Pteridophyta)

4. Vitamin D

Berbeda dengan vitamin yang lainnya, vitamin D diproduksi oleh tubuh secara alami ketika kulit terkena paparan sinar matahari. Vitamin D juga dapat diperoleh dari makanan. Vitamin D sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu dalam proses penyerapan kalsium dan fosfor. Selain itu, vitamin D juga memiliki manfaat untuk mencegah gangguan pada tulang, seperti rakitis, osteomalacia, dan osteoporosis, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Meski diproduksi secara alami dalam tubuh, masih ada sebagian orang yang mengalami kekurangan vitamin ini, terutama orang yang tinggal di daerah beriklim dingin dan jarang terpapar sinar matahari. Maka dari itu, Anda tetap perlu menambah asupan vitamin D dari makanan, seperti ikan, kuning telur, hati, dan susu.

5. Vitamin E

Vitamin E merupakan salah satu antioksidan yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Selain itu, vitamin E juga mempunyai peran untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan pembuluh darah, menyehatkan sel darah merah, dan menjaga pembekuan darah. Ada beberapa penelitian yang mengungkapkan, bahwa vitamin E juga mempunyai manfaat untuk mencegah penyakit penyakit jantung, hipertensi, aterosklerosis, dan bahkan kanker. Anda dapat mencukupi kebutuhan asupan vitamin E dengan mengonsumsi minyak nabati, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan telur.

6. Vitamin K

Vitamin K tergolong vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin K berperan penting dalam proses pembekuan darah, menjaga kesehatan tulang, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Kekurangan vitamin K dapat mengakibatkan terjadinya perdarahan yang sulit dihentikan, mudah memar, adanya gumpalan darah di bawah kuku, dan mengeluarkan tinja yang berwarna gelap. Biasanya, kekurangan vitamin K lebih sering dialami oleh bayi dibandingkan dengan orang dewasa. Ada beberapa jenis makanan sehat yang mengandung sumber vitamin K adalah kedelai, sayuran berdaun hijau, susu, serta yoghurt.

Baca Selengkapnya  Perbedaan Fungsi Otak Kanan Dan Otak Kiri Manusia

Demikianlah informasi tentang Macam-Macam Vitamin Dan Fungsinya yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

7 Tumbuhan Paling Mahal Di Dunia Beserta Gambarnya

Alat Ekskresi Pada Belalang Beserta Penjelasannya