Macam Macam Pencemaran Lingkungan : Contoh Serta Penyebabnya

Posted on

Macam Macam Pencemaran Lingkungan : Contoh Serta Penyebabnya

Macam macam pencemaran lingkungan : contoh serta penyebabnya – jenis jenis pencemaran lingkungan ini termasuk bagian dari penyebab terjadinya hal-hal yang bisa membahayakan makhluk hidup di dalam melangsungkan kehidupannya. Untuk menangani pencemaran lingkungan dibutuhkan kesadaran serta perhatian khusus yang perlu dijalankan oleh seluruh pihak mulai dari hal yang kecil juga supaya nantinya terbiasa menjalankan sesuatu yang baik dalam usaha mengurangi serta memutuskan rantai dari penyebab lingkungan menjadi tercemar.

Pada kesempatan kali ini penulis akan memaparkan hal-hal mengenai Macam macam pencemaran lingkungan : contoh serta penyebabnya.
Bila dilihat menurut lingkungan yang sudah terkontaminasi pencemaran, maka pencemaran lingkungan dikelompokkan kedalam 3 bagian ruang lingkup luas. Misalnya seperti pencemaran yang terjadi diudara dan ditanah.

1. Pencemaran air

Pengertian dari pencemaran air disini yakni peristiwa yang mana masuknya zat maupun sebuah komponen lain di bagian ruang lingkup dalam sebuah lingkungan perairan, jadi kualitas dari air yang ada ini menjadi buruk serta terganggu. Oleh sebab itu, mutu air ini ada di sebuah komponen ekosistem jadi penting sekali untuk kelangsungan makhluk hidup yang ada di dalamnya.

Apalagi komponen khusus misalnya air untuk makhluk hidup yang dikehidupannya bisa mengandalkan perairan, maka kualitasnya pun akan mempengaruhi sekali pertumbuhan serta perkembangannya. Jika di sebuah lingkungan perairan maupun laut sudah dalam kelompok tercemar maka proses berlangsungnya kehidupan pada ruang lingkupnya jadi terganggu.

Baca Selengkapnya  Pemupukan Anorganik Dan Penjelasannya

Secara umum pencemaran air ini disebabkan oleh sejumlah sumber yang mengakibatkan pencemaran, khususnya dari limbah industry, hasil pertanian dan hasil dari rumah tangga sebagi penyumbang prosentase tertinggi.
Mengenai contohnya pencemaran air akan dibahas berkut ini :

• Limbah industry

Limbah industry (kerap dikenal dengan limbah hasil kegiatan pabrik dan terkadang mengandung komponen berbahaya misalnya yakni logam berat. Padahal hal ini akan mengakibatkan sungai tercemar dan bisa mengganggu keseimbangan ekosistem di dalamnya. Yang tergolong kedalam logam berat hasil limbah industry ini yakni timbal, raksa, dan cadmium. Ketiga logam berat ini dampaknya berat sekali bagi manusia.

Tanpa disadari air tercemar itu berikutnya akan mengalir serta pastinya bermuara di laut. Jadi ekosistem air laut disana pun menjadi ikut tercemar. Selain itu, pencemaran air ini persentasenya tinggi sehingga mengakibatkan beberapa bahan yang jadi pencemar ini meresap dalam ruang lingkup tanah jadi akan membuat air tanah ikut tercemar pula. Padahal sumber airnya diambil di air tanah untuk minum, mencuci serta mandi.

• Limbah pertanian

Di waktu memakai pupuk buatan berkadar lebih di suatu lahan pertanian, pastinya akan bisa berpengaruh pada kesuburan yang terjadi di sebuah ekosistem perairan yang ad diruang lingkup kolam, waduk, dan sungai. Kenapa demikian? Sebab tidak semua pupuk ini akan diserap dengan sempurna oleh tumbuhan.

Sehingga, tumbuhlah ganggang dan berkembangbiak diperairan secara subur. Jadi proses ini dikenal dengan sebutan blooming algae. Namun hal buruknya ganggang ini akan tersebar dan menutupi seluruh permukaan air. Jadi sinar matahari akan terhalang masuk didalam air dan proses fotosintesis fitoplankton terhambat.
Kondisi yang seperti itu akan merugikan kelangsungan hidup makhluk hidup diperairan.

Baca Selengkapnya  Contoh Cahaya Dapat Dipantulkan dan Sifatnya Terlengkap

• Limbah rumah tangga

Rumah tangga sebagai penyumbang lingkungan dengan persentase besar. Sebab sampah yang dihasilkan rumah tangga secara terus-menerus. Jenis sampah yang susah dikendalikan ialah plastik. Sampah plastik ini sulit diuraikan dan memerlukan waktu lama penguraiannya. Jadi sebaiknya dilakukan pengurangan supaya pencemaran lingkungan bisa dikendalikan.

2. Pencemaran udara

Pengertian dari pencemaran udara ini ialah sebuah peristiwa masuknya beberapa zat, energi-energi maupun komponen lain di ruang lingkup udara sendiri. Sehingga hal ini menimbulkan penurunan di kualitas udara yang bisa berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia an makhluk hidup lain.

Di sejumlah kota besar, pencemaran udara secara umum terjadi di kawasan industri. Pencemaran udara bisa terjadi sebab diakibatkan proses pembakaran bahan bakar yang dijalankan kendaraan bermotor dan pembuangan gas yang dijalankan oleh pabrik.

Partikel ini bentuknya halus yang terkandung didalam asap misalnya adalah hasil pembuangan gas pabrik yang dikenal dengan sebutan polutan. Jadi bisa memberikan pengaruh buruk di lingkungan sekelilingnya.
Contohnya bahan jadi pencemar lingkungan terutama di udara jadi bisa merugikan untuk kesehatan manusia yaitu karbon dioksida, karbon monoksida, nitrogen oksida, sulfur dioksida, dan asap.

3. Pencemaran tanah

Bila setiap manusia membiasakan membuang sampah di tempat yang tak semestinya atau di sembarang tempat, maka hal ini akan menutupi semua bagian permukaan tanah yang memberikan dampak pada pencemaran tanah.
Sampah yang terkadang jadi penyumbang paling banyak pencemaran tanah yakni sampah anorganik yang memang sulit diuraikan tanpa adanya campur tangan dari manusia sendiri. Sampah organik misalnya ini adalah botol, plastik, kaleng, dan masih banyak lagi lainnya.

Sementara untuk sampah organik ini dapat terurai dengan alami sebab terdapat proses pembusukan yang dijalankan bakteri jadi dapat meningkatkan kesuburan dari tanah. Jadi sampah organik ini tidak termasuk ke dalam penyumbang pencemaran tanah. Pencemaran tanah sendiri akan berakibat pada tanah yang makin kehilangan kesuburannya.

Baca Selengkapnya  Ciri Ciri Ubur Ubur dan Penjelasannya

Nah, bisa diambil kesimpulan bahwa pencemaran lingkungan bisa terjadi sebab kurangnya kesadaran berbagai pihak yang tak mempertimangkan apa yang dijalankan sekrang ini akan memberikan dampak terhadap lingkungan dan juga masa depan. Sampai disini dulu pembahasan artikel kali ini mengenai Macam macam pencemaran lingkungan : contoh serta penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Proses Terjadinya Hujan Asam Dan Pencegahannya

Alat Pernapasan Siput Terlengkap