Bakteri : Pengertian, Macam Macam dan Perannya dalam Kehidupan Manusia Terlengkap

Posted on

Pengertian, Macam Macam Bakteri Dan Peranannya Bagi Kehidupan Manusia

Macam macam bakteri dan peranannya – beberapa jenis bakteri paling dibutuhkan saat proses pembusukan serta pembentukan zat zat tertentu yang diperlukan manusia. Bakteri bakteri tersebut sangat diperlukan oleh pencernaan manusia. Berikut ini akan dijelaskan tentang macam macam bakteri dan peranannya.

Pengertian Bakteri

Bakteri ialah organisme bersel tunggal dan tanpa membrane inti (sifatnya prokariotik). Secara umum bakteri tidak mempunyai zat hijau (klorofil). Akan tetapi sejumlah bakteri mempunyai klorofil sehingga bisa berfotosintesa. Bakteri merupakan organisme mikroskopik, yang dalam arti bakteri ini ukurannya sangat kecil (0,5 – 5 micrometer) yang hanya dapat dilihat menggunakan bantuan mikroskop.

Sejumlah jenis bakteri bisa bergerak menggunakan alat gerak namanya flagel. Bakteri bisa bereproduksi menggunakan 2 cara, yakni aseksual dan seksual. Reproduksi secara seksual dijalankan menggunakan cara pemindahan DNA dari donor menuju penerima secara langsung (bernama konjugasi). Sementara reproduksi aseksual secara umum dijalankan menggunakan pembelahan biner. Bakteri bisa membelah sekali selama 20 menit bisa menghasilkan 2 sel anakan.

Macam Macam Bakteri

Berikut ini adalah macam macam bakteri, diantaranya :

1. Macam macam bakteri menurut bentuknya

Menurut bentuknya dibagi lagi menjadi 3, yakni :

  • Basil, ialah bakteri bentuknya batang. Contohnya adalah bacillus anthracis.
  • Kokus, ialah bakteri bentuknya batang. Contohnya adalah staphylococcus.
  • Spiral, ialah bakteri bentuknya bengkok-bengkok serta hampir serupa dengan spiral. Contohnya treponema pallidum.

2. Macam macam bakteri menurut kebutuhan oksigen

Menurut kebutuhan oksigen dibedakan jadi 2, yakni :

  • Bakteri aerob ialah bakteri yang memerlukan oksigen, seperti bakteri nitrosomonas.
  • Bakteri anaerob ialah bakteri yang tidak memerlukan oksigen, seperti bakteri clostridium tetani.

3. Macam macam bakteri menurut cara memperoleh makanan

Bakteri autotroph adalah bakteri yang memproduksi dengan sendiri makanannya, diantaranya :

  • Bakteri fotoautotrof adalah bakteri yang memerlukan bantuan energi cahaya matahari guna membuat makanannya dengan cara mengubah bahan anorganik jadi bahan organic. Contoh bakteri tersebut bakteri ungu dan hijau.
  • Bakteri kemoautotrof adalah bakteri yang memanfaatkan energi yang berasal dari energi reaksi kimia guna mengubah makanannya sendiri yang semula bahan organic.
  • Bakteri heterotroph adalah bakteri yang mendapatkan makanan dari lain organisme.
  • Bakteri parasite adalah bakteri yang mendapatkan makanan dari lain organisme yang ditumpanginya.
  • Bakteri saprofit ialah bakteri yang mendapatkan makannya berasal dari sisa sisa organisma lain seperti Escherichia.

4. Macam bakteri menurut jumlah serta letak flagella

Flagella atau disebut bulu cambuk ialah struktur sel yanf bentuknya batang/ spiral dan letaknya didinding sel serta fungsinya menjadi alat gerak. Alat gerak tersebut mungkin dapat memindahkan bakteri dari satu tempat ditempat lainnya, diantaranya :

  • Monorik ialah bakteri yang hanya memiliki satu flagella pada salah satu ujung sel tubuhnya.
  • Amfitrik ialah bakteri yang memiliki satu/ banyak flagella pad akedua ujung sel tubuhnya.
  • Lofotrik ialah bakteri yang memiliki banyak flagella pada salah satu ujung sel tubuhnya.
  • Atrik ialah bakteri yang tanpa flagella

5. Macam bakteri menurut karakteristik dinding sel

Menurut karakteristik pada dinding sel tersebut bakteri diklasifikasikan kedalam berikut :

  • Bakteri gram positif ialah bakteri yang mempunyai lapisan peptidoglikan tebal serta dinding sel tersbeut dapat menyerap warna violet.
  • Bakteri gram negative ialah bakteri yang mempunyai lapisan peptidoglikan serta dinding selnya dapat menyerap warna violet.
  • Bakteri tidka berdinding sel ialah bakteri tanpa dinding sel.

Peran Bakteri Dalam Kehidupan Manusia

Didalam kehidupan manusia, tentu kita tak lepas dari yang namanya bakteri. Berikut bakteri yang menguntungkan dan merugikan manusia, diantaranya:

1. Bakteri menguntungkan

Beberapa macam bakteri mempunyai peran sangat besar didalam kehidupan manusia atau keseimbangan ekosisitem. Dengan kita tau peran bakteri ini yang dapat menguntungkan manusia serta lingkungannya maka kita bisa memaksimalkan perannya serta menjaga keberadaannya dialam. Diantaranya :

  • Bidang pertanian
    Bakteri ini bisa menyuburkan tanaman, yakni bakteri nitrogen yang bisa mengikat N2 serta mengubah jadi senyawa ammonia & nitrat menggunakan nitrogenase.
  • Bidang kesehatan
    Bakteri ini diantaranya Streptomyces venezuelae, bakteri ini bisa menghambat pertumbuhan organisme yang akan membahayakan kesehatan manusia.
  • Bidang produksi makanan serta minuman
    Diantaranya S. lactis dan S. cremoris guna produksi keju dan menjaga lactobacillus casei yang diperlukan dalam proses pembuahan keju serta natadecoco.
  • Bidang biologi
    Sjeumlah jenis bakteri yang paling diperlukan saat proses ranai makanan mengurai. Diantaranya acetobacter sp yang bisa menghasilkan asam cuka dan asam asetat, kemudian propionic bacterium yang bisa menghasilkan asam propionate dan yang terakhir clostridium butricum yang bisa menghasilkan asam butirat.

2. Bakteri merugikan

Sejumlah jenis bakteri yang bisa merugikan atau bahkan membahayakan manusia, yakni :

  • Menyebabkan penyakit pada manusia
    Bakterinya yakni Salmonella typhosa (penyebab tifus), Neisseria gonorrhoeae (penyabab kencing nanah), Neisseria meningitidis (penyebab meningitis), Mycobocterium leprae (penyebab kusta), Mycobacterium tuberculosis (penyebab tuberkulosis) dan Shigella dysenteriae (penyebab disentri).
  • Menyebabkan penyakit di tanaman dan hewan
    Bakteri patogen di tanaman diantaranya : ralstonia solanacearu, lalu penyebab dari layunya tomat ialah erwina carotovora, dan penyebab busuk lunak tanaman anggrek yakni oryzae dan xanthomonas.
  • Merusakan kualitas minuman dan makanan
    Beberapa contoh dari bakteri perusak makanan ialah Clostridium botulinum, yang kerap ada pada makanan kalengan serta menghasilkan racun botulinin, dan Burkholderia gladioli.

Demikianlah pembahasan tentang macam macam bakteri dan peranannya. Dengan mengetahui banyak bakteri serta peranannya ini maka membuat manusia menjadi faham mengenai bakteri sehingga bisa memberikan perlakuan tepat serta tidak berlebihan. Semoga bermanfaat.

Baca juga: