10 Jenis Daun Sejajar : Penjelasan dan Contohnya Lengkap

Posted on

Jenis Daun Sejajar : Penjelasan dan Contohnya Lengkap

Jenis Daun Sejajar : Penjelasan dan Contohnya – Ada begitu banyak jenis daun disekitar kita. Lalu apa sajakah jenis daun tersebut?. Ada jenis daun melengkung, daun menjari, daun menyirip, dan daun sejajar. Pastinya kalian akan penasaran dengan masing-masing struktur dari jenis daun tersebut. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan penjelasan dari salah satu jenis daun tersebut, yaitu Jenis Daun Sejajar : Penjelasan dan Contohnya. Berikut silakan simak pembahasannya tentang jenis daun sejajar di bawah ini .

10 Jenis Daun Sejajar

1. Pengertian Jenis Daun Sejajar

Daun sejajar atau rectinervis merupakan salah satu jenis daun tumbuhan yang memiliki tulang daun dengan susunan sejajar. Biasanya, jenis daun dengan tulang daun seperti ini dapat kita temukan pada tumbuhan monokotil dengan daun yang berbentuk pita.

Daun tulang sejajar hanya mempunyai satu ibu tulang daun yang terletak di bagian tengah. Ibu tulang daun ini juga memiliki ukuran yang besar serta membujur di mulai dari pangkal sampai dengan ujung daun. Sementara itu, untuk anak tulang daun memiliki ukuran yang lebih kecil dengan posisi yang sejajar dengan ibu tulang daunnya, yaitu sama-sama membujur dari pangkal sampai dengan ujung daun.

Jenis daun dengan tulang daun sejajar dapat kita temukan pada beberapa tumbuhan di sekitar kita. Contoh dari jenis daun sejajar yaitu seperti yang dimiliki oleh tumbuhan dalam keluarga palmae atau bisa disebut dengan palem-paleman, keluarga graminae atau rumput-rumputan, dan keluarga cyperaceae atau teki-tekian.

2. Contoh Jenis Daun Sejajar

1) Daun Padi

Jenis daun sejajar yang pertama yaitu daun padi. Padi adalah salah satu jenis tumbuhan monoktil yang terdapat dalam keluarga graminae. Tumbuhan ini memiliki bentuk daun yang berbentuk seperti pita. Daun padi juga memanjang dengan memiliki tulang daun membujur dari pangkal sampai dengan ujungnya.

2) Daun Tebu

Jenis daun sejajar yang kedua yaitu daun tebu. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, tebu adalah sebuah tanaman penghasil gula yang banyak dibudidayakan di daerah tropis. Tanaman ini juga merupakan salah satu dari jenis tanaman dengan daun sejajar. Hal tersebut, dapat kita lihat dari mulai bentuk daunnya yang menyerupai pita dan memiliki tulang daun membujur dari pangkal hingga ujungnya. Perlu diketahui juga, bahwa tanaman tebu juga termasuk salah satu tumbuhan rumput – rumputan.

3) Daun Aren

Jenis daun sejajar yang ketiga adalah daun aren. Sama seperti dengan tumbuhan kelapa dan kelapa sawit, daun aren ini juga merupakan salah satu jenis daun sejajar. Selain itu, Aren juga merupakan salah satu jenis tumbuhan monokotil. Pohon aren ini termasuk kedalam keluarga palmae.

4) Daun Alang – Alang

Jenis daun sejajar yang keempat yaitu daun alang – alang. Tumbuhan alang – alang atau Cyperus Kilingia merupakan salah satu jenis gulma yang berpotensi berbahaya pada setiap tanaman berproduksi. Bagi para petani keberadaan alang – alang dianggap akan merugikan. Hal itu dikarenakan dapat mengganggu tanaman yang lainnya. Alang – alang juga termasuk ke dalam tumbuhan yang memiliki jenis daun sejajar. Hal itu dapat dilihat dari bentuk daunnya yang juga menyerupai pita dari pangkal hingga ujungnya. Selain itu, tumbuhan alang – alang ini juga dapat mengeluarkan racun bagi tumbuhan disekitarnya.

5) Daun Jagung

Jagung juga merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki jenis daun bertulang sejajar. Daun jagung juga berbentuk seperti pita dengan ibu dan anak tulang daun yang membujur dari pangkal pelepah sampai ujung daunnya. Sisi daun jagung sering kali sangat tajam sehingga kita harus berhati-hati jika memasuki kebun jagung supaya kulit kita tidak tersayat.

6) Daun Kelapa dan Kelapa Sawit

Kelapa dan kelapa sawit merupakan dua jenis tanaman yang terkenal dengan penghasil minyak nabati terbesar di dunia. Kedua daun dari tumbuhan monokotil ini juga merupakan salah satu contoh dari daun sejajar. Ibu tulang daunnya sering kali kita gunakan sebagai sapu lidi, sementara anak tulang daunnya terikut dalam helaian daunnya.

7) Daun Teki

Contoh daun sejajar selanjutnya adalah daun teki. Daun teki dan daun tumbuhan lainnya yang termasuk keluarga teki-tekian atau cyperaceae memang memiliki daun yang berbentuk pita. Tulang daun dari daun teki menjalar dari ujung hingga ke pangkal daun dekat dengan tangkai.

8) Daun Rumput Gajah

Saat ini banyak Rumput gajah yang dibudidayakan sebagai pakan ternak hewan ruminansia, seperti kambing, sapi, dan kerbau. Daun rumput gajah juga termasuk kedalam salah satu jenis daun sejajar. Hal itu dapat dilihat dari bentuk daunnya yang menyerupai pita dan menjalar dari ujung sampai ke pangkal.

9) Daun Sereh

Secara umum daun sereh banyak digunakan sebagai bumbu masak. Selain itu, tumbuhan yang termasuk salah satu tumbuhan rempah ini juga sering dimanfaatkan sebagai bahan herbal pengobatan beragam jenis penyakit. Daun dari tumbuhan ini berbentuk seperti pita dengan tulang daun yang sejajar.

10) Daun Bambu

Contoh daun sejajar yang terakhir adalah daun bambu. Dari susunan tulang daunnya yang sejajar, anda dapat melihat bahwa Daun bambu juga termasuk kedalam jenis daun sejajar.

Demikianlah ulasan yang bisa kami sampaikan mengenai Jenis Daun Sejajar : Penjelasan Dan Contohnya. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan bisa menjadi refrensi serta bahan belajar bagi kalian untuk bisa lebih mengenal jenis daun disekitar kita. Terima kasih.

Baca juga:

Pengertian Musang dan Jenisnya Terlengkap

Proses Pertumbuhan Tanaman Kentang Paling Lengkap