Jenis Daun Menyirip : Penjelasan dan Contohnya Lengkap

Posted on

Jenis Daun Menyirip : Penjelasan dan Contohnya Lengkap

Jenis Daun Menyirip : Penjelasan dan Contohnya – Pernahkan anda perhatikan, bahwa daun pada tumbuhan akan selalu dilengkapi dengan tulang daun yang merupakan bagian dari struktur dan fungsi jaringan daun. Adapun yang dimaksud dengan tulang daun yaitu salah satu bagian dari daun itu sendiri yang berfungsi memberi kekuatan pada helai daun tersebut sekaligus berfungsi sebagai berkas pengangkut zat – zat hasil fotosintesis yang berlangsung pada daun tersebut.

Jenis Daun Menyirip

Adapun tulang daun tersebut nantinya akan menyalurkan zat makanan yang diperolehnya dari daun tersebut untuk disalurkan ke semua bagian dari tumbuhan itu sendiri sehingga pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan bisa terlaksana mulai dari proes awal hingga menghasilkan buah atau bunga tertentu sesuai dengan jenisnya.
Tulang daun dibedakan menjadi 4 jenis berdasarkan bentuknya, yaitu tulang daun menyirip, menjari, sejajar, dan tulang daun melengkung. Pada artikel kali ini kita akan membahas dan mengulas tentang Jenis Daun Menyirip : Penjelasan dan Contohnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan berikut ini :

A. Pengertian Jenis Daun Menyirip

Daun menyirip atau penninervis merupakan salah satu jenis daun yang memiliki tulang daun yang tersusun seperti sirip ikan. Daun ini hanya mempunyai satu ibu tulang daun yang memanjang dari pangkal hingga ke ujung daun. Dari ibu tulang tersebut lalu keluarlah anak-anak tulang daun yang tersusun menyerupai sirip ikan. Jenis daun dengan bentuk tulang menyirip biasanya dimiliki oleh jenis tumbuhan dikotil.

B. Contoh Tumbuhan Daun Menyirip

Beberapa contoh daun menyirip di antaranya antara lain daun mangga, daun kakao, daun nangka, daun melinjo, daun kenanga, daun rambutan, daun beringin, daun jambu air, daun jambu biji, daun mahoni, dan lain sebagainya.

1) Daun Mangga

Jenis daun menyirip yang pertama adalah daun mangga. Mangga adalah salah salah satu jenis tumbuhan dikotil yang menghasilkan buah lezat. Selain itu juga berhubungan dengan manfaat biologi di bidang pertanian dalam pengelolaannya. Biji dari buah mangga akan membelah ketika mengalami kecambahan atau pada saat keluar kecambah. Anda akan bisa dengan mudah mengenalinya bahwa daun dari buah mangga ini adalah jenis daun yang menyirip. Hal itu bisa kita lihat dari susunan daun yang dimiliki oleh buah mangga.

2) Daun Nangka

Jenis daun menyirip yang kedua adalah daun nangka. Nangka juga merupakan salah satu contoh tanaman yang juga memiliki daun dengan tulang menyirip. Anda bisa lihat bahwasanya struktur tulang daunnya berbemtuk seperti sirip tulang ikan. Tanaman ini jga termasuk kedalam tanaman jenis dikotil yang memiliki biji belah saat melakukan perkecambahan.

3) Daun Melinjo

Jenis daun menyirip yang ketiga adalah daun melinjo. Melinjo merupakan contoh tumbuhan biji tertutup ( engiospermae ) . kendati tidak termasuk contoh tumbuahn dikotil lainnya, namun melinjo ini juga memiliki jenis tulang menyirip . Untuk membuktikannya anda bisa melihat secara langsung pada daun melinjo yang aslinya ya sobat.

4) Daun Rambutan

Jenis daun menyirip yang keempat adalah daun rambutan. Buah yang satu ini tentunya digemari oleh semua kalangan ya sobat. Selain itu, rambutan juga merupakan salah satu jenis tumbuhan yang mempunyai jenis daun menyirip. Daun tumbuhan ini memiliki satu ibu tulang daun yang menjalar dari panggal ke ujungya. Dari ibu tulang daun tersebutlah akan muncul anak tulang daun dari kiri mauoun kanannya.

5) Daun Kenanga

Jenis daun menyirip yang kelima adalah daun kenanga. Bunga kenanga ini merupakan salah satu bunga yang banyak dipelihara dipekarangan rumah. Nah sobat semua, cba perhatikan daun dari bunga kenaga tersebut. Bunga kenaga juga memiliki jenis daun menyirip dan tentunya susunannya sama persis dengan susunan tulang ikan bukan?

6) Daun Salam

Jenis daun menyirip yang keenam adalah daun salam. Dan yang sering digunakan sebagai bumbu masakan ini jga termasuk salah satu jenis daun menyirip loh sobat.

7) Daun Kakao

Daun kakao atau dalam bahasa latin Theobroma cacao L. adalah salah satu contoh tanaman yang mempunyai tulang daun menyirip. Sama seperti dengan daun mangga, daun kakao juga hanya mempunyai satu ibu tulang daun yang menjadi pokok menempelnya anak tulang daun secara menyirip.

8) Daun Beringin

Contoh dari jenis daun menyirip juga dapat kita temukan pada daun beringin. Meskipun tulang daunnya terlihat begitu tipis dan tidak jelas, akan tetapi apabila kita identifikasi secara detail. Maka akan terlihat bahwa, tulang daun beringin ternyata juga menyerupai susunan tulang ikan.

9) Daun Jambu Biji

Daun jambu biji yang mempunyai banyak manfaat, salah satunya adalah untuk mengobati diare ternyata juga termasuk dalah contoh dari jenis daun menyirip. Hal ini berarti menandakan bahwa tumbuhan jambu biji juga termasuk tumbuhan dikotil yang berbiji belah saat berkecambah.

10) Daun Mahoni

Mungkin masih banyak yang bekum mengetahui, bahwa daun mahoni sering digunakan sebagai pestisida nabati. Pestisida ini berguna untuk mengatasi serangan hama pada tanaman petani. Apabila diidentifikasi, daun mahoni juga termasuk contoh dari jenis daun dengan tulang yang menyirip.

11) Daun durian

Durian adalah salah satu jenis buah yang menjadi primadona di negara kita, dan tentu saja pasti kalian sangat mengenal buah ini. Selain buahnya, kalian pasti sudah tidak asing juga dengan struktur dari daun buah durian yang memiliki permukaan begitu mengkilap. Jika diamati secara seksama, daun dari buah durian adalah salah satu contoh dari jenis daun menyirip.

Demikian ulasan yang bisa kami sampaikan tentang Jenis Daun Menyirip : Penjelasan dan Contohnya, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Jenis Daun Menjari : Penjelasan dan Contohnya Lengkap

Jenis Daun Melengkung : Penjelasan dan Contohnya Lengkap