Jelaskan Ciri-Ciri Tumbuhan Lumut (Bryophyta)

Posted on

Jelaskan Ciri-Ciri Tumbuhan Lumut (Bryophyta)

Jelaskan ciri-ciri tumbuhan lumut (bryophyta) – apa sih yang dimaksud dengan tumbuhan lumut? Dan bagaimana cirinya? Nah, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut maka simak pembahasan berikut :
Tumbuhan lumut dikenal sebagai bryophyta yakni tanaman darat yang mempunyai spesies dengan besar 25.000 dan berbeda-beda. Lumut ini kadang tumbuh pada daerah yang cukup lembab dan beriklim dingin sekali. Tumbuhan lumut ini dapat membeku pada daerah yang menyalju tapa terjadi gangguan.

Ciri-ciri tumbuhan lumut

Adapun ciri ciri dari tumbuhan lumut diantaranya sebagai berikut :

  1. Habitat artinya tumbuhan tersebut dapat hidup di daerah lembab mislanya ada di pohon, hutan, sumur sampai dengan tembok dll.
  2. Tumbuhan lumut merupakan tumbuhan peralihan antara thallophyta dan cormophyta.
  3. Mempunyai akar semu yang fungsinya akan melekatkan substrat dan juga mengalirkan air maupun zat hara untuk menuju ke seluruh bagian tubuh lumut.
  4. Koloni lumut yang bentuknya lembaran dan beledu
  5. Tak ada pembuluh pengangkut
  6. Reproduksi vegetatiif yaitu misalnya pembentukan gemma, fregmentasi dan spora.
  7. Reproduksi generatif misalnya peleburan 2 gamet
  8. Tumbuhan tersebut terjadi giliran genetik di fase genetatif serta vegetatif (metagenesis) dimana generatif ini lebih lama di masa hidupnya daripada vegetatif.
  9. Tumbuhan lumut sebagian besarnya memakai fase gametofit

Bentuk dan ukuran tubuh lumut

Bentuk tumbuhan tersebut misalnya lembaran, salah satunya adalah lumut hati. Adapun bentuk lain yang berwujud tegak dan juga kecil misalnya lumut daun. Lumut kecil mempunyai ukuran tinggi 1 sampai 2 cm sementara untuk lumut besar mempunyai tinggi 20 cm.

Baca Selengkapnya  6 Faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis dan Pengertiannya Terlengkap

Lumut kecil yang berdiri tegak di bagian tubuh akar, daun dan batangnya ini berbentuk sama. Lumut mempunyai daun yang lumayan tipis sama halnya dengan sel dan mempunyai tulang yang dibedakan menjadi lapisan sel.
Di bagian ujung batangnya mempunyai titik tumbuh yang bisa membuat lumut makin panjang. Selain tersebut, lumut mempunyai pertumbuhan tanpa terjadi pembesaran.

Pembuluh angkut xilem dan floem tak ada di tumbuhan lumut, sebab pasalnya tumbuhan tersebut mempunyai jaringan pengangkut sama halnya dengan empulur sehingga air yang akan diambil oleh rizoid ini dengan memakai metode ambisisi.

Air yang akan diambil disebarkan melalui difusi menuju ke semua bagian tubuh. Di dalam tubuh lumut ini ada sejumlah sel plastisida yang mempunyai kadnungan klorofil b dan a.
Selain tersebut, dinding sel tumbuhan lumut tidak mempunyai lignin guna memperkuat bagian bagiannya.

Struktur dan fungsi tubuh lumut bentuk gametofit

Gametofit adalah tumbuhan lumut yang mempunyai warna hijau serta bentuknya lembaran. Tumbuhan tersebut mempunyai alat kelamin yang dapat membentuk sebuah gamet maupun sel kelamin.
Spermatozoid atau dikenal sebagai sel kelamin jantan dibentuk oleh sebuah alat kelamin jantan (anteridium) sementara untuk yang betina ini dibentuk oleh alat kelamin yang betina (arkegonium).

Lumut yang mempunyai dua kelamin ini dikenal dengan nama monoesis dan gomotalus. Lumut yang mempunyai satu alat kelamin dikenal dengan nama heterotalus atau diesis.
Gametofit yang mempunyaia alat kelamin jantan dikenal dengan nama gametofit jantan sementara yang mempunyai alat kelamin betina dikenal dengan nama gametofit betina yang bisa mempunyai sporofit.

Struktur dan fungsi tubuh lumut bentuk sporofit

Sporofit adalah tumbuhan lumut yang mempunyai spora. Secara umum sporofit mempunyai warna kuning, coklat, merah dan ungu. Tumbuhan tersebut akan menumpang di gametofit dengan mempunyai bentuk bertangkai dan mirip dengan kapsul.
Gametofit akan memberikan sebuah sporofit makanan misalnya garam, air dan zat lainnya. Ukuran tumbuhan tersbeut kecil, justru lebih kecil dibanding gametofit. Struktur nya akan membentk sporogonium dengan bagian vaginula, seta serta kotak spora.

Baca Selengkapnya  Ragam Tumbuhan Langka di Indonesia dan Di Dunia Terlengkap

Sporogonium mempunyai bentuk mirip kapsul yang terlapisi oleh kaliptra. Susunannnya terdiri atas apofisis, operkulum dan teka. Akan muncul gigig peristom bila operkulum melepas.

Penyesuaian lumut dan masalah hidupnya di darat

Bryophyta tak sesuai sepenunya dari kehidupan di daratan. Beryphyta menggantungkan dirinya di air untuk bertahan hidup. Zigot serta embrio terlindungi dibandingkan pengeringan dengan terus menetap dalam arkegonium. Sperma perlu berenang di dalam kelembaban luaran untuk sampai di telur, oleh karena itu bryophyta cukup ada di tempat lembab.

Bryphyta tak memiliki tisu vaskular, oleh karena itu struktur jasadnya tumbuh rendah dibanding tanah mengatasi masalah pengangkutan air. Genussi gametofit cenderung sesuai bagi kehidupan habitat daratan sebab sporofit bergantung genussi gametofit untuk memperoleh bakalan makanan serta perlindungan.

Reproduksi tumbuhan lumut

Lumut terjadi pergiliran antar keturunan (metagenesis). Di dalam sebuah proses metagenesis ini lumut terjadi dua fase kehidupan, yakni fase sporofit (diploid) dan fase gametofit (haploid).
Lumut mempunyai dua alat perkembangbiakan (gametofitangim), yakni arkegonium menjadi sel gamet betina serta anteridium menjadi sel gamet jantan.

Jadi, mengenai pernyataan Jelaskan ciri-ciri tumbuhan lumut (bryophyta) dalam artikel ini sudah dibahas secara detail mengenai cirinya. Ciri tersebut diantaranya tumbuhan hidup di daerah lembab, tumbuhan ini termasuk peralihan antara thallophyta dan cormophyta, mempunyai akar semu untuk melekatkan substrat serta mengalirkan air dan zat hara ke semua bagian, bentuknya koloni ini beledu dan lembaran, reproduksinya vegetatif sama dengan pembentukan spora, gemma dan fregmentasi, reproduksinya mirip peleburan 2 gamet, tumbuhan tersebut terjadi giliran genetik di fase genetatif serta vegetatif dimana generatif lebih lama masa hidupnya. Nah, mungkin itu saja yang bisa kami paparkan, semoga bermanfaat.

Baca Selengkapnya  7 Cara Tumbuhan Melindungi Diri Dari Musuhnya

Baca juga:

Bagian-Bagian Usus Halus Beserta Fungsinya

Perbedaan Fungsi Otak Kanan Dan Otak Kiri Manusia