Fungsi Enzim Tripsin Pada Sistem Pencernaan Manusia

Posted on

Fungsi Enzim Tripsin Pada Sistem Pencernaan Manusia

Fungsi Enzim Tripsin Pada Sistem Pencernaan Manusia – Pernahkah anda bertanya dan berfikir bagaimana bisa makanan dicerna oleh tubuh setelah kita kenyang? Mungkin beberapa dari kita pernah mengajukan pertanyaan seperti itu. Ya perlu anda tahu bahwa proses pencernaan makanan dalam tubuh manusia dikendalikan oleh sekelompok enzim pencernaan. Enzim merupakan salah satu molekul protein kompleks yang berperan dapat mempercepat laju reaksi kimia di dalam tubuh manusia, baik itu dalam proses pertumbuhan, pencernaan makanan, dan pernafasan serta proses lainnya. Terdapat bergitu banyak enzim yang berperan dalam proses pencernaan makanan, salah satunya yaitu enzim tripsin.

Enzim tripsin merupakan salah satu bagian dari enzim pencernaan yang mempunyai fungsi dalam membantu mencerna makanan agar menjadi ukuran yang sangat kecil, sehingga mudah untuk diterima dan dicerna oleh sel-sel tubuh yang memerlukan. Terdapatnya enzim pencernaan ini dapat membantu proses pencernaan kimiawi dengan menguraikannya menjadi lebih kecil. Proses ini dimulai pada organ mulut, lambung, usus, pancreas hingga ke organ hati. Setiap organ tersebut mempunyai enzim yang berperan dan bertanggung jawab terhadap fungsinya masing-masing.

Baca Selengkapnya  8 Cara Membuat Sumber Api dari Peralatan Sederhana

Enzim tripsin itu sendiri adalah jenis enzim yang paling banyak terdapat di pancreas. Pancreas mempunyai tanggung jawab dalam memproduksi enzim tripsin lalu kemudian melepaskannya ke dalam saluran pencernaan manusia. Di dalam pancreas tidak hanya terdapat enzim tripsin saja, melainkan masih ada enzim lainnya. Enzim tersebut yaitu enzim lipase yang berfungssi mengemulsikan lemak menjadi gliserol dan enzim emilase yang berfungsi mengemulsikan amilum menjadi diskarida serta enzim karbohidrae yang berperan dalam mencerna amilum menjadi maltose. Berikut uraian lebih jelas mengenai Fungsi Enzim Tripsin Pada Sistem Pencernaan Manusia.

1. Berperan dalam mengubah protein menjadi polipeptida

Supaya protein dapat dicerna dengan mudah oleh usu halus dan dapat masuk ke dalam aliran darah maka protein harus diuraikan menjadi ikatann peptida terlebih dahulu agar menjadi lebih kecil dan sederhana. Tidak hanya itu, setelah menjadi produk peptide selanjutnya peptide tersebut akan dihidrolis (pemecahan senyawa dengan kadar air yang tinggi) oleh enzim agar menjadi asam amino. Kemudian dapat diserap oleh tubuh sehingga dapat lebih mudah masuk ke aliran darah.

2. Asam amino yang dihasilkan oleh enzim tripsin dapat menjaga kesehatan jaringan

Asam amino adalah hasil dari protein yang berhasil dihidrolis oleh enzim tripsin. Kemudian selain menjadi zat yang mudah diserap, asam amino tersebut juga mempunyai fungsi untuk menjaga kesehatan jaringan, seperti halnya untuk pertumbuhan jaringan, pemeliharan dan juga perbaikan.

3. Dapat memperkuat daya tahan tubuh ahar tidak mudah terserang penyakit

Fungsi Enzim Tripsin Pada Sistem Pencernaan Manusia yang selanjutnya adalah untuk mengatur penyerapan nutrisi makanan di dalam tubuh. Apabila kekurangan enzim di dalam tubuh akan menyebabkan gangguan pencernaan atau maladigesti. Apabila hal tersebut terus berlangsung maka akan menjadi malabsorpsi atau gangguan penyerapan sehingga berat badan akan menurun hingga kekurangan gizi. Maka dari itu kadar enzim harus sesuai dan cukup untuk tubuh kita sehingga dapat berfungsi dalam menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Baca Selengkapnya  Elnino : Pengertian, Dampak dan Proses Terjadinya Lengkap

Apabila kita kekurangan enzim tripsin yang ada di dalam pancreas ini maka akan mudah terserang penyakit. Jika tidak ada enzim-enzim pencernaan otomatis sistem pencernaan makhluk hidup termasuk pencernaan manusia tidak dapat berfungi. Terdapat beberapa tips atau hal yang perlu diperhatikan untuk selaalu menjaga kadar keseimbangan enzim tripsin pada sistem pencernaan, yaitu sebagai berikut:

• Menerapkan pola makan yang sehat

Semua enzim pencernaan mempunyai fungsi dan perannya masing-masing serta mempunyai zat yang harus diuraikan. Apabila pola makan kita tidak sehat maka zat makanan yang perlu diuraikan tidak masuk ke dalam tubuh, hingga akhirnya produksi enzim pencernaan tersebut akan berkurang.

• Mengkonsumsi makanan kaya kalori

Umumnya kalori sangat penting jika dalam kadar yang normal. Makanan dengan kandungan kalori yang rendah tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dikarenakan hanya memberikan rasa kenyang sehingga kerja enzim penjcernaan tidak dapat maksimal

• Jangan makan daging saja

Hindari mengkonsumsi daging saja, memang daging merupakan makanan yang memiliki cita rasa lebih. Akan tetapi apabila terlalu berlebih mengkonsumsinya dan tidak diselingi dengan sayur maka dapat merusak keseimbangan enzim pencernaan. Hal ini karena kadar lemak yang tinggi banyak tergantung pada daging. Untuk itu, apabila mengkonsumsi daging haruslah dilengkapi dengan mengkonsumsi sayur, disebabkan kedua makanan ini tidak dapat dipisahkan.

• Hindari mengkonsumsi obat maag yang berlebih

Sebenarnya jika kita pelajari asam lambung mempunyai fungsi untuk membantu proses pencernaan makanan, namun apabila produksinya berlebihan memang akan mengganggu. Sehingga banyak orang memilih mengkonsumsi antisida atau obat maag untuk mengurangi asam lambung tersebut. Akan tetapi, perlu diingat bahwa mengkonsumsi antisida berlebih dapat menghilangkan fungsi lambung dan mudah terkena infeksi.

Baca Selengkapnya  Fungsi Enzim Renin Pada Tubuh Manusia

• Memperbanyak minum air putih

Air putih mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan makhluk hidup. Air putih dapat membantu dalam proses penyerapan zat nutrisi penting yang terjadi pada tubuh manusia. Karena air putih tidak hanya mengandung zat kimia dan gula, melainkan juga berfungsi sebagai pelumas saluran pencernaan agar dapat bekerja secara maksimal serta dapat menjaga keseimbangan enzim dalam tubuh manusia.

Apabila produksi enzim tripsin terganggu dapat menyebabkan penghambatan pada proses pencernaann dan dapat merusak pancreas. Selain itu apabila terdapat produksi enzim tripsin selain pada pancreas kemungkinan akan terlibat dalam proses kanker.

Demikian penjelasan Fungsi Enzim Tripsin Pada Sistem Pencernaan Manusia yang dapat kami uraikan. Sehingga kidat dapat mengetahui bahwa enzim tripsin memiliki peran dan fungsi yang penting dalam proses pencernaan manusia. Semoga bermafaat dan memberikan wawasan.

Baca juga:

10 Tanda-Tanda Penyakit Hati Pada Bayi dan Orang Dewasa

Sistem Ekskresi Hati Pada Manusia dan Penjelasannya Lengkap