Fase Pembentukan Zigot : Pengertian, Proses dan Urutannya Lengkap

Posted on

Pengertian dan Fase Pembentukan Zigot

Fase Pembentukan Zigot dan Penjelasannya – Zigot adalah hasil dari persatuan ovum (sel telur) dan sel sperma. Itu masih tetap disebut zigot sampai mulai membagi menjadi embrio. Dalam organisme multisel, zigot merupakantahap pertama perkembangan setelah fertilisasi. Zigot biasanya berkembang menjadi embrio tunggal. Jika sel anak yang dihasilkan dari divisi zigot mengalami pembelahan sel, setiap sel tersebur dapat berkembang menjadi embrio, sehingga ada yang disebut kembar monozigot.

Proses Pembentukan Zigot

Pembentukan zigot dimulai dari proses fertilisasi, lalu zigot mengalami proses pembelahan. Pembentukan zigot dikelompokkan menjadi beberapa fase, yaitu fase morula, fase blastula, fase gastrula, fase diferensiasi, serta organogenesis.

1. Fase Morula

Pada fase ini zigot mengalami pembelahan. Pembelahan sel ini dimulai dari satu menjadi dua, dua menjadi empat, dan seterunya. Pada saat pembelahan sel itu terjadi pembelahan yang tidak bersamaan. Pembelahan yang cepat terjadi pada bagian vertikal yang memiliki kutub fungsional atau kutub hewan (animal pole) dan kutub vegetatif (vegetal pole). Diantara dua kutub ini dibatasi oleh daerah sabit kelabu (grey crescent). Setelah pembelahan terjadi pada bagian vertikal, kemudian dilanjutkan dengan bagian horizontal yang membelah secara aktif sampai terbentuk 8 sel. Pembelahan sel berlanjut sampai terbentuk 16-64 sel yang disebut morula.

2. Fase Blastula

Pada fase blastula ini terjadi pembagian sitoplasma ke dalam dua kutub yang telah dibentuk pada fase moruta. Konsentrasi sitoplasma pada kedua kutub tersebut berbeda. Pada kutub fungsional terdapat sitoplasma yang jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan kutub vegetatif. Konsentrasi sitoplasma yang berbeda akan menentukan arah pertumbuhan dan perkembangan hewan selanjutnya. Pada fase blastula ini kutub fungsional dan kutub vegetatif telah selesai dibentuk. Hal ini ditandai dengan dibentuknya suatu rongga di antara kedua kutub yang berisi caftan dan disebut blastosol. Embrio yang memiliki blastosol disebut blastula. Proses pembentukan blastosol disebut blastulasi. Setelah fase blastula selesai ditanjutkan dengan lase gastrula.

3. Fase Gastrula

Pada fase gastrula, embrio mengalami suatu proses diferensiasi dengan mulai menghilangkan blastosol. Sel-sel pada kutub fungsional akan membelah dengan cepat. Akibatnya, sal-sel pada kutub vegetatif membentuk lekukan ke arah dalam (invaginasi). Invaginasi akan membentuk dua formasi, yaitu lapisan luar (ektoderm) dan lapisan dalam (endoderm). Bagian ektoderm akan menjadi kulit dan bagian endoderm akan menjadi berbagai macam saluran.

Pada perkembangan selanjutnya, arkenteron akan menjadi saluran pencernaan pada hewan vertebrata dan beberapa invertebrata. Bagian luar yang terbuka pada gastrula menuju arkenteron disebut dengan blastofor. Bagian ini dipersiapkan akan menjadi anus dan pada bagian ujungnya akan membuka dan menjadi mulut. Pada fase ini terjadi lanjutan diferensiasi sebagian endoderm yang menjadi bagian mesoderm. Pada akhir fase gastrula telah terbentuk bagian endoderm, mesoderm, dan ektoderm.

4. Diferensiasi dan Organogenesis

Pada fase ini mulai terjadi proses diferensiasi dan organogenesis pada struktur dan fungsi set untuk menjadi jaringan yang spesifik. Proses ini dikendalikan oleh faktor hereditas (gen) yang dibawa pada saat terjadi pembentukan kutub fungsional dan kutub vegetatif. Pada akhirnya masing-masing bagian endoderm, mesoderm, dan ektoderm akan mengalami diferensiasi menjadi organ-organ sebagai berikut.

  • Ektoderm akan mengalami diferensiasi menjadi epidermis, rambut, kelenjar minyak, kelenjar keringat, email gigi, sistem saraf, dan saraf reseptor.
  • Mesoderm akan mengalami proses diferensiasi menjadi tulang, jaringan ikat, otot, sistem peredaran darah, sistem ekskresi dan sistem reproduksi.
  • Endoderm akan mengalami yang namanya diferensiasi dan akan menjadi jaringan epitel pencernaan, sistem pernapasan, pankreas dan hati, dan juga kelenjar gondok.

Dalam proses diferensiasi dan organogenesis, bagian yang berdekatan akan saling mempengaruhi. Pada tahapan berikutnya jaringan embrional akan mengalami perubahan pada bentuknya, dan akan terdeiferensiasi dalam membentuk organ yang berdasarkan pada lapisannya.

  • Di lapisan luar akan mengalami diferensiasi yang akan membentuk rangka, saraf dan alat indera.
  • Di lapisan tengah akan mengalami diferensiasi yang membentuk rangka, otot, alat peredaran darah, eksresi, dan juga organ reproduksi.
  • Untuk lapisan dalamnya akan mengalami hal yang sama dengan dua lapisan lainnya, yang akan membentuk alat pencernaan, dan alat pernapasan.

Sebagai contoh, bagian mesoderm akan mempengaruhi ektoderm dalam diferensiasi untuk perkembangan alat gerak, yaitu sebagian berasal dari set ektoderm dan sebagian dari mesoderm. Setelah tahap embrio tersebut selesai, embrio yang disebut janin siap dilahirkan.

Urutan Embrio Dalam Kandungan

Masa embrio atau masa lamanya di dalam kandungan pada manusia kurang lebih sekitar 40 minggu. Berikut urutan lengkapnya :

  1. Janin yang berumur 4 minggu : sudah terbentuk organ yang penting seperti jantung, dan mulai tampak bentuk telinga dan mata.
  2. Janin yang berumur 8 minggu : bentuknya sudah mirip bayi tapi dengan ukuran kepala yang relatif lebih besar, kemudian bentuk hidung, mata, telinga, tangan, dan kaki yang hampir jelas bentuknya.
  3. Janin yang berumur 10 minggu biasanya memiliki panjang 6 cm dan sudah terlihat seperti bayi : ukuran kepalanya jauh lebih besar dibanding ukuran badannya, perkembangan pada mata, telinga, jari tangan dan kaki pun sudah lebih sempurna.
  4. Umur 7 perkembangan embrio sudah semakin sempurna, bayi yang lahir di usia 7 bulan disebut sebagai bayi prematur.
  5. Umur 32 minggu janin sudah memiliki panjang tubuh yang mencapai 40 cm.
  6. Umur 40 minggu janin pun sudah siap untuk dilahirkan, yaitu sekitar usia 9 bulan lebih 10 hari.

Itulah ulasan singkat mengenai Fase Pembentukan Zigot dan Penjelasannya, semoga ulasan singkat ini bisa menambah pengetahuan. Terima kasih.

Baca juga: