Ciri Ciri Tumbuhan Lumut (Bryophyta)

Posted on

Ciri Ciri Tumbuhan Lumut (Bryophyta)

Ciri ciri tumbuhan lumut (bryophyta) – lumut merupakan kelompok tumbuhan yang tidak mempunyai akar serta daun sejati, akan tetapi dapat menyerap hara serta menjalankan fotosintesis. Lumut pun dikenal dengan nama bryophyta. Kelompok tumbuhan tersebut adalah yang paling besar antara lain jumlahnya mencapai 25.000 spesies yang bisa dijumpai disemua dunia. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar Ciri ciri tumbuhan lumut (bryophyta).

Pengertian tumbuhan lumut (bryophyta)

Secara umum, tumbuhan lumut bisa tumbuh secara mudah di tempat basah dan lembab. Tumbuhan lumut sifatnya autotrof sebab memiliki sejumlah sel pastisida yang menghasilkan klorofil. Tubuh tumbuhan lumut terselubung oleh kutikula untuk mengurangi penguapan berlebih yang berasal dari tubuhnya, bisa jadi mereka akan adaptasi di lingkungan yang tidak terlalu basah.

Ciri ciri tumbuhan lumut

Menurut beragam penjelasan para peneliti disimpulkan mengenai ciri tumbuhan lumut, diantaranya berikut ini :

  1. Termasuk bentuk peralihan antara tumbuhan bertalus atau talofita dengan tumbuhan berkormus atau kormofita.
  2. Tumbuhan lumut ukurannya tinggi kurang lebih 1-2 cm dan untuk yang tinggi sekali bisa mencapai 20 cm.
  3. Terjadi pergiliran keturunan generasi sporofit serta generasi gametofit. Generasi sporofit merupakan generasi penghasil spora sementara untuk generasi gametofit merupakan generasi gamet.
  4. Tumbuhan lumut bentuknya lembaran, tumbuhan kecil mempunyai bagian yang serupa akar maupaun rizoid, daun dan batang.
  5. Di dalam tubuh lumut ada kandungan sel sel berkloroplas (klorofil untuk fotosintesis ) dan tidak mempunyai jairngan pengangkut.
  6. Tubuh gametofit sifatnya haploid (n) dalam keseharianya sering dikenal kita menjadi tumbuhan lumut.
  7. Tumbuhan lumut ini ada gametangia atau dikenal sebagai alat kelamin. Alat kelamin jantan dikenal dengan nama anteridium dengan menghasilkan spermatozoid, sementara untuk alat kelaminnya yang betina dikenal dengan nama arkegonoium dengan menghasilkan ovum.
  8. Sifatnya autotrof sebab tumbuhan lumut sudah mempunyai klorofil.
  9. Tumbuhan lumut belum mempunyai jaringan pengangkut floem dan xilem.
  10. Mempunyai lapisan pelindung, gametangium dan kutikula.
  11. Tumbuhan lumut hidup pada daerah rawa serta ditempat yang lembab
  12. Tumbuhan lumut menyerap air dengan imbibisi
  13. Secara umum tumbuhan lumut warnanya hijau sebab sel-selnya mempunyai kloroplas (plastisida)
Baca Selengkapnya  Manfaat Mencangkok Bagi Manusia

Perkembangan tumbuhan lumut

Perkembangan lumut ini singkatnya berlangsung seperti berikut :
Spora kecil dan haploid berkecambah jadi suatu protalium yang lumutnya diberi nama protonema. Protonema lumut ini ada yang jadi besar dan ada yang sebaliknya. Protoneme ini ada sejumlah kuncup yang tumbuh serta berkembang jadi tumbuhan lumutnya.

Tubuh tumbuhan lumut bentuknya tallus mirip sejumlahh lembaran daun (hepaticae) atau malah memiliki habitus mirip pohon kecil dengan batang serta daun duannya di musci, namun padanya belum ada akar yang sebenarnya. Melainkan cukuo rizoid rizoid yang bentuknya benang atau malah kadang memang sudah serupa dengan akar. Untuk tumbuhan ini dibentuk gametangium. Sesudah pembuahan sel telur spermatozoid yang berbentuk spiral/ alat pembuka gabus kemduian tutup botol bersamaan dengan dua bulu cambuk tersebutt, sehingga zigot tidak membutuhkan waktu istirahat dulu namun terus berkembang jadi embrio diploid.

Macam dan morfologi tumbuhan lumut

Morfologi dan anatomi lumut untuk kelas hepaticopsida, gametofit untuk kelas ini masih sederhana sekali dan menurut bentuk tubuhnya lumut kelas tersebut bisa dibagi jadi dua tipe, yakni :

  • Tipe frondose atau lumut yang berhati talus (thalloid liverwort) adalah kelompok yang talusnya berbentuk lembaran.
  • Tipe foliose atau lumut yang hatinya berdaun (leafy liverworts) adalah kelompok yang talusnya serupa batang dan daun daun.

Peranan tumbuhan lumut terhadap manusia

Sejumlah spesies lumut memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia, antara lain :

  1. Spesies lumut bernama marchantia polymorpha, kadang dimanfaatkan menjadi obat hepatitis.
  2. Jenis lumut gambut yang tergolong dalam genus sphagnum kadang dipakai menjadi pengganti kapas. Sphagnum ini pun fungsinya membantu penyerapan air serta menjaga kelembaban tanah.
  3. Cephalozoella massalongois merupakan lumut yang biasa tumbuh pada tanah maupun batuan yang mempunyai kandungan tembaga jadi bisa dipakai menjadi indikator keberadaan tembaga.
  4. Asplenium nidus, kadang dipakai menjadi tanaman hias
Baca Selengkapnya  Respirasi Tumbuhan : Pengertian, Proses, Manfaat, Jenis, Faktor Pengaruh, dan Zat Penghambatnya Terlengkap 

Peran tubuhan lumut di dalam ekosistem

Tumbuhan lumut pun mempunyai peranan sebagai penyedia oksigen, menyimpan air dan menjadi penyerap polutan. Lumut dijumpai khususnya di area sedikit cahaya/ ringan serta lembab. Lumum umumnya ada di area pohon dan tepu arus. Lumut pun dijumpai pula pada bebatuan, dan jalan kota besar. Sejumlah bentuk memiliki penyesuaian diri berdasarkan keadaan yang dijumpainya.

Manfaat tumbuhan lumut

Pemakaian lumut yang utuh khususnya di florist ini untuk dekorasi rumah. Lumus jenis sphagnum pun komponen utamanya bahan bakar dimana tambang pemakainnya menjadi bahan bakar, menjadi adiktif lahan perkebunan serta jelai bertunas yang dikeringkan di pemroduksian.

Sementara itu di united kingdom, fontinalis antipyretica dapat dipakai menjadi pemadam api misalnya ditemukan pada beberapa substansiil sunga slow moving dan lumut bisa menahan volume air yang besar sehingga membandtu memadamkan api yang menyala.

Nah, mungkin itu saja dulu pembahasan kita kali ini mengenai Ciri ciri tumbuhan lumut (bryophyta). Jadi tumbuhan lumut atau bahasa latinnya bryophyta ini mempunyai ciri yang berbeda dengan jenis tumbuhan lumut lainnya. Akan tetapi masih tetap hampir sama, tumbuhan ini kadang warnanya hijau sebab mempunyai sejumlah sel dengan plastid dan bisa menghasilkan kloroffil a dan b, maka sifatnya autotrof. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Sistem Pernapasan pada Ikan Bertulang Sejati dan Penjelasannya

Contoh Jaring Makanan Di Danau, Laut Dan Sawah Terlengkap