Ciri Ciri Hewan Insecta Terlengkap Beserta Penjelasannya

Posted on

Ciri Ciri Hewan Insecta Terlengkap Beserta Penjelasannya

Ciri ciri hewan insecta terlengkap beserta penjelasannya – insecta merupakan hewan invertebrata yang tergolong dalam kelompok arthropoda. Arthropoda ini dibedakan jadi 4 kelas, salah satu diantaranya ialah insecta. Sementara untuk anggota insecta lain ialah arachnida, crustacea dan myriapoda. Sesudah kalian tau mengenai hewan insecta termasuk arthropoda, selanjutnya kita mengenal lebih dulu tentang ciri insecta sendiri. Berikut ini mengenai Ciri ciri hewan insecta terlengkap beserta penjelasannya.

1. Struktur tubuh terdiri atas kepala, dada dan perut

Struktur tubuh pada hewan insecta ini tersusun dari kepala, dada dan kemudian perut. Pada hewan insecta di bagian kepala, dada dan juga perut mudah sekali dibedakan sebab terlihat sekali perbedaannya bila kita lihat tanpa bantuan dari mikroskop. Untuk bagian kepala dan dada bersatu.

2. Terdapat 3 pasang kaki di thoraks (dada)

Kaki yang ada 3 pasang di thoraks (dada) ditunjukkan dengan banyaknya thoraks yang mempunyai ruas sebanyak 3. Dengan begitu maka letak kaki yang jumlahnya 3 pasang di thoraks ini sudah sesuai pada bentuk fisik hewan insecta.

3. Ada empat tipe mulut

Menurut tipe mulutnya, hewan ini dibagi jadi 4, diantaranya :

  • Tipe mulut penggigit : untuk tipe mulut ini rahangnya atas serta rahang bawah kuat. Contohnya seperti mulut hewan penggigit yakni belalang, jangkrik dan semut.
  • Tipe mulut penusuk serta penghisap : tipe ini mulutnya runcing dan panjang. Contoh untuk tipe mulut hewan seperti ini penghisap dan penusuk yakni kutu dan nyamuk.
  • Tipe mulut penghisap : sementara untuk tipe mulut yang seperti belalai panjang yang bisa digulung. Misalnya seperti pada hewan penghisap yakni kupu.
  • Tipe mulut penjilat : yakni bagian mulut lengkap dengan penjilat dan bibir. Contoh dari hewan jenis tipe ini mulut penjilat yakni lalat.
Baca Selengkapnya  Fungsi dan Jenis Kelenjar Mammae Pada Mamalia Beserta Contohnya Lengkap

4. Ada dua pasang sayap

Ada 2 pasang sayap untuk hewan insecta yakni untuk memudahkan hewan insecta dalam berpindah tempat. Selain jumlahnya yang ada 2 pasang supaya bisa menopang dan juga menjaga keseimbangan dari terbang.

5. Proses berkembang biak melalui 3 tipe kategori

Pada ciri ciri untuk hewan insecta, proses berkembang biaknya bisa dibedkan menjadi tiga kelompok, yakni :

  • Metamorfosis sempurna (hlometabola) : yakni tahap perkembangbiakan untuk hewan insecta yang mencakup telur jadi sebuah pupa maupun kempompong serta imago (dewasa) misalnya seperti hewan metamorfosis sempurna yakni kupu-kupu, lalat dan nyamuk.
  • Metamorfosis tidak sempurna (hemimemetabola) : yakni tahap perkembangbiakan insecta mencakup telur jadi nimfa kemudian diakhiri dengan imago. Contoh hewan metamorfosis tidak sempurna ini ialah belalang dan jangkrik.
  • Tidak terjadi metamorofsis (ametabola) : yakni tak ada pergantian dari bentuk dan cukup bertambah besar saja dalam tipe perkembangbiakan insecta tipe ini. Seperti contoh hewa yang tidak terjadi metamorfosis yakni kutu buku.

Jenis jenis hewan insecta

Berikut ini beberapa spesies dari insecta yang kerap kita jumpai disekeliling kita, yakni :

1. Capung

Capung ialah kelompok dari serangga yang tergolong kedalam ordo odonata. Habitat dari capung sendiri sudah menyebar luas, diantaranya kebun, sawah, hutan, dan bahkan pekarangan rumah.
Serangga ini terjadi metamorfosis tak sempurna dan untuk siklus hidupnya sebagian besar dihabiskan di dalam air berbentuk nimfa. Hewan ini menempatkan telurnya di tumbuhan air sesudah menetas, larva capung ini bisa hidup di dasar perairan lalu berkembang jadi nimfa hingga akhirnya jadi capung dewasa.

2. Kupu-kupu

Kupu-kupu tergolong ke dalam ordo laidoptera. Hewan ini kerap dikenal pula serangga bersayap sisik. Secara umum, untuk jenis serangga yang ini aktif di siang hari serta akan beristirahat dengan cara menegakkan sayapnya indah.

Baca Selengkapnya  Ciri Ciri Hewan Arachnoidea Terlengkap Beserta Penjelasannya

3. Belalang

Belalang adalah hewan yang tergolong dalam ordo orthoptera. Cirinya ialah mempunyai sepasang antena yang fungsinya menjadi detektor dari sentuhan, getaran, suhu, makanan dan hingga pergerakan udara.
Serangga ini mempunyai 3 bagian tubuh khusus, yakni kepala, dadar dan perut. Jumlahnya kaki ada 3 pasang, yang mana kaki belalang berfungsi untuk melompat serta depannya untuk berjalan.

4. Semut

Semut tergolong jenis ordo hymenoptera. Jumlah dari spesies semut bisa mencapai 12.000 serta berkembangbiak secara baik di daerah tropis. Semut merupakan serangga berkoloni, yakni saty koloninya bisa menguasai daerah kekuasaan luas. Meski ukuran tubuhnya kecil namun semut adalah hewan terkiat di dunia. Sebab semut jantan bisa menangkap bebasn 50 kali lipat dari tubuhnya.

5. Kumbang

Kumbang ini juga termasuk serangga jenis ordo coleoptera, yakni ordo paling besar sendiri dari serangga. Ada kurang lebih 40% spesies serangga yang telah teridentifikasi yakni kumbang. Kumbang ini ada beberapa jenis, diantaranya parasit, yani memakan bangkai, jamur dan predator invertebrata.

6. Wereng

Wereng ialah serangga penghisap cairan tumbuhan dan tergolong kedalam hemipetra. Wereng adalah agen pembawa penyakit dalam tumbuhan, terutama fitoplasma yang hidup pada jaringan pembuluh tapis tumbuhan serta akan ditularkan wereng ketika menyerap cairan batang tumbuhan. Jenis wereng ini jadi hama di padi yakni wereng hijau, dan wereng coklat.

Wah, ternyata tak hanya arthropoda saja ya kawan yang mempunyai ciri anggota setiap kelas arthropoda mempunyai kelas sendiri-sendiri. Salah satunya ini yang sudah kita pelajari yakni Ciri ciri hewan insecta terlengkap beserta penjelasannya. Ada banyak sekali jenis jenis hewan insecta ini, dan sudah kita bahas diatas. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Baca Selengkapnya  5 Fungsi Ekor bagi Hewan Terlengkap

Bahaya Air Liur Hewan Komodo Secara Biologi

Ciri-Ciri Hewan Porifera Terlengkap Beserta Penjelasannya