Cara Perkembangbiakan Tumbuhan – Generatif dan Vegetatif

Posted on

Cara Perkembangbiakan Tumbuhan – Generatif dan Vegetatif

Cara Perkembangbiakan Tumbuhan – Generatif dan Vegetatif – Perkembangbiakan pada tumbuhan bisa dilakukan secara kawin maupun tidak kawin hal ini guna untuk melestarikan jenisnya. Jika makhluk hidup tidak bisa melestarikan jenisnya atau spesiesnya lama kelamaan spesies tersebut akan punah dan susah untuk ditemukan. Berikut ini adalah Cara Perkembangbiakan Tumbuhan – Generatif dan Vegetatif yang perlu Anda ketahui :

A. Secara Generatif

Cara Perkembangbiakan tumbuhan secara kawin ada berbagai macam jenis, yaitu :

  1. Konjugasi merupakan perkembangbiakan tumbuhan dengan cara kawin yang tidak diketahui alat kelaminnya. Hal itu ada pada tumbuhan dengan jenis ganggang hijau.
  2. Isogami adalah Perkembangbiakan yang akan melibatkan 2 sel gamet dengan kelamin yang sama besar. Isogami banyak dilakukan oleh tumbuhan ganggang biru.
  3. Anisogami melibatkan peleburan 2 sel kelamin jantan dan juga betina. Sel tersebut ukurannya tidak sama besar. Anisogami terjadi pada tumbuhan ulva atau ganggang yang bentuknya seperti lembaran.
  4. Penyerbukan Dan Pembuahan – Tumbuhan yang menggunakan perkembangbiakan dengan jenis ini ialah tumbuhan yang berbunga dan juga tumbuhan yang berbiji. Tumbuhan ini memiliki alat kelamin untuk sel jantan dan juga sel betina. Sel jantan memiliki alat kelamin berupa benang sari sedangkan alat kelamin pada betina disebut dengan putik.
  5. Anemogami – Perkembangbiakan yang dibantu oleh angin. Sifat dari perkembangbiakan ini yaitu memiliki serbuk sari yang kering dan juga memiliki mahkota bunga yang kecil. Penyerbukan ini sering terjadi pada jagung dan rumput-rumputan.
  6. Zoidogami – Perkembangbiakan ini membutuhkan bantuan dari hewan. Hewan yang dapat membantu penyerbukan tumbuhan adalah serangga, burung dan kelelawar. Perkembangbiakan ini menghasilkan madu dan juga mengeluarkan aroma bunga. Perkembangbiakan ini terjadi pada bunga aster dan juga bunga kamboja.
  7. Hidrogami – Perkembangbiakan ini membutuhkan bantuan dari air. Tumbuhan itu adalah tumbuhan hydrilla.
Baca Selengkapnya  14 Tumbuhan Beracun Paling Mematikan Beserta Gambarnya Lengkap

Jenis Perkembangbiakan Tumbuhan Generatif Berdasarkan Sebuk Sarinya

Dari asal serbuk sarinya, perkembangbiakan tumbuhan dibagi menjadi 4 macam yaitu :

  • Autogami – Perkembangbiakan ini dilakukan sendiri oleh tumbuhan tanpa melibatkan bantuan dari pihak lain.
  • Geitonogami – Penyerbukan ini akan melibatkan tetangga, artinya tetangga adalah tumbuhan yang berada di dekatnya.
  • Penyerbukan Silang atau alogami dimana serbuk sari tersebut jatuh ke kepala putik milik bunga lain yang jenisnya berbeda tumbuhan. Meski bunganya lain, namun tumbuhan tersebut memiliki jenis yang sama.
  • Bastar atau hybrid ini melibatkan bunga di tumbuhan yang memiliki jenis yang berbeda.

B. Secara Vegetatif

Perkembangbiakan dengan cara tidak kawin ini memiliki berbagai jenis atau berbagai jenis perkembangbiakan, yaitu :

1. Tunas

Mengembang biakkan tumbuhan dengan cara tunas ada 3 jenis yaitu :

  1. Tunas batang. Contoh tumbuhan yang bisa dikembangbiakkan dengan cara tunas batang adalah tumbuhan bambu, pisang dan juga aglaonema.
  2. Tunas akar. Contoh tumbuhan yang bisa dikembangbiakkan dengan cara ini adalah tumbuhan sukun, cemara dan juga pohon kesemek.
  3. Tunas daun. Contoh tumbuhan yang bisa dikembangbiakkan dengan tunas di bagian daun adalah tumbuhan cocor bebek.

2. Umbi

Umbi selain bisa digunakan sebagai tempat cadangan makanan, umbi juga bisa digunakan untuk media perkembangbiakan.

3. Geragih

Perkembangbiakan tumbuhan dengan cara geragih dengan melibatkan campur tangan manusia. Cara mengembangbiakkannya yaitu dengan merundukkan batang tumbuhan yang menjalar.

4. Rimpang

Contoh tumbuhan yang bisa dikembangbiakkan dengan cara rimpang adalah jahe, lengkuas, sansiveira dan masih banyak lagi lainnya.

5. Spora

Cara perkembangbiakan dengan cara spora yaitu Menyiapkan butiran-butiran spora yang akan dibudidayakan atau dikembangbiakkan. Menyiapkan petakan berupa kolam yang nantinya akan digunakan sebagai lahan tanam. Taburkan bubuk atau butiran spora diatas permukaan kolam tersebut. Butiran spora yang ditaburkan ini nantinya akan mengeluarkan kecambah di atas permukaan kolam. Spora ada pada jenis jenis tanaman paku, tumbuhan jamur, dan juga tumbuhan lumut.

Baca Selengkapnya  Adaptasi Tumbuhan Mangrove Pada Lingkungan Salin Dan Jenuh

6. Cangkok

Adalah perkembangbiakan perkembangbiakan tanpa kawin dengan cara menumbuhkan akar dari batang tanaman yang dicangkok.

7. Stek

Ialah perkembangbiakan dengan cara pemotongan dan memisahkan beberapa bagian pada tanaman atau tumbuhan. Bagian tumbuhan yang dipisahkan tersebut adalah bagian akar, batang, tunas dan juga daun. Tujuan pemisahan dan pemotongan bagian-bagian tumbuhan tersebut adalah agar bagian-bagian itu bisa menghasilkan tanaman atau individu baru. Tumbuhan yang bisa dilakukan dengan cara stek adalah tumbuhan dengan jenis dikotil. Tumbuhan monokotil jarang berhasil jika dilakukan penyetekan.

8. Okulasi atau penempelan

Adalah perkembangbiakan tumbuhan yang membutuhkan bantuan tagan manusia. Okulasi merupakan cara perkembangbiakan tmbuhan dengan cara menempelkan tunas yang muncul dari suatu tanaman ke tanaman lain. Penempelan itu bisa dilakukan pada dua tanaman yang memiliki jenis yang sama tetapi memiliki sifat yang berbeda.

9. Mengenten

Disebut juga dengan menyambung yang merupakan perkembangbiakan tumbuhan dengan cara tidak kawin. Biasanya dilakukan oleh manusia dengan cara menggabungkan batang bawah dan juga batang atas dua tanaman dengan jenis yang sama atau masih dalam satu rumpun yang sama. Penyambungan yang terjadi pada kedua batang tersebut nantinya bisa menghasilkan individu baru.

10. Merunduk

Perkembangbiakan dengan cara merundukkan batang atau cabang tanaman tersebut ke tanah sehingga dari batang atau cabang yang telah dirundukkan iu muncul individu baru atau tanaman baru. Tidak semua tumbuhan bisa dikembangbiakkan dengan cara ini.

Demikianlah informasi mengenai Cara Perkembangbiakan Tumbuhan – Generatif dan Vegetatif yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Manfaat Mencangkok Bagi Manusia

Hormon Reproduksi Pria dan Efeknya Bagi Pria