Biologi Sistem Dan Penjelasannya

Posted on

Biologi Sistem Dan Penjelasannya

Biologi Sistem Dan Penjelasannya – Biologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kehidupan serta organisme hidup, yang termasuk dari struktur, fungsi, pertumbuhan, persebaran, evolusi, dan taksonominya dengan lebih jelas. Sehingga dapat dikatakan bahwa biologi merupakan salah satu ilmu tertua yang telah lama dikenal sejak zaman prasejarah. Ruang lingkup dari ilmu ini sangat luas. Hal ini disebabkan biologi tidak hanya mempelajari mengenai makhluk hidup, namun juga komponen-komponen kehidupan lainnya yang mendukung dan berhubungan dengan makhluk hidup tersebut.

Cabang Ilmu Biologi

Komponen kehidupan yang memiliki hubungan dengan makhluk hidup sangatlah banyak, maka dari itu untuk mempelajari satu persatu maka terbentuklah cabang-cabang ilmu biologi. Beberapa cabang ilmu biologi yaitu:

  • Anatomi, yang merupakan ilmu yang mempelajari tentang bagian-bagian struktur tubuh dalam makhluk hidup.
  • Agronomi, adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai tanaman budidaya secara lebih rinci.
  • Botani adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang berbagai macam tumbuhan.
  • Bakteorologi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang bakteri.
  • Ekologi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang hubungan makhluk hidup dengan lingkungan tempat tinggalnya secara lebih menyeluruh.
  • Morfologi yaitu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang bentuk atau ciri luar dari organisme.
  • Zoology yaitu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang hewan yang ada di dunia ini.

Beberapa cabang ilmu biologi tersebut masih sebagian dari banyak cabang ilmu biologi lainnya. Hal ini disebabkan ilmu biologi memiliki ruang lingkup yang cukup luas, sehingga para ahli telah bersepakat untuk membuat pengkhususan kajian yang disesuaikan dengan objeknya. Pengkhususan kajian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang objek yang dipilih secara lebih mendalam yang mana nantinya dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi kehidupan manusia pada umumnya.

Macam Macam Biologi Sistem

Sementara itu yang dimaksud dengan biologi sistem merupakan penggabungan dari beberapa cabang ilmu, seperti genomic (genomics), biologi molekuler, dan biokimia. Uraian mengenai macam-macam Biologi Sistem Dan Penjelasannya, yaitu sebagai berikut:

1. Genomic

Genomic adalah studi yang berhubungan dengan seluruh genome dari suatu organisme. Genom adalah keseluruhan dari informasi bahan genetic atau material yang telah diwariskan dari tetuanya kepada keturunannya yang ada pada suatu organisme. Genome ini meliputi kromosom yang merupakan informasi genetic yang terletak di dalam inti sel, dan genome mitokondrial yang merupakan informasi genetic yang terletak di luar inti sel atau berada di sitoplasma.

2. Biokimia

Sementara biokimia adalah ilmu yang mempelajari mengenai proses kimia yang berkaitan dengan organisme hidup. Biokimia berhasil menjelaaskan proses hidup dari pada mahkluk hidup tersebut. selain itu, secara tidak langsung biokimia menjadi salah satu disiplin ilmu dari kimia organic dan sainsa biologi.

Yang dipelajari atau fokus utama dari biokimia adalah untuk memahami bagaimana molekul biologid dapat menimbulkan proses-proses yang terjadi dalam sel, dimana pada akhirnya dapat memberikan pemahaman yang besar tentang sebuah organisme. Biokimia umumnya diterapkan dalam bidang kedokteranm pertanian, dan ahli gizi. Selain itu, biokimia juga berkaitan erat dengan biologi molekuler, yang merupakan study mengenai mekanisme molekul dengen informasi genetic yang disimpan di dalam DNA.

Tidak hanya itu, biologi molekuler bisa dianggap sebagai cabang biokimia atau biokimia yang dapat digukanakn sebagai alat untuk menyelidiki dan mempelajari biologi molekuler. Biokimia ini juga berkaitan erat dengan struktur, fungsi, dan interaksi biologi makromolekul seperti halnya asam nukleat, protein, karbohidrat dan juga lipid yang memberikan begitu banyak fungsi yang berhubungan dengan kehidupan.

3. Biologi molekuler

Biologi Sistem Dan Penjelasannya yang ketiga mengenai biologi molekuler yang merupakan ilmu pengetahuan multi disiplin ilmu dari biokimia, biologisel, dan genetika yang mempelajari tentang aktivitas biologi pada level molekuler, termasuk di dalamnya yaitu interaksi antara perbedaan tipe DNA, RNA, protein dan biosintesisnya. Aktivitas atau mekanisme yang terjadi dalam level molecular penting untuk dipelajari. Hal ini bertujuan untuk mengetahui gen apa yang dapat mempengaruhi suatu penyakit genetic, identifikasi DNA, identifikasi gen, identifikasi DNA forensic, terapi gen dalam hal mengobati dan mencegah penyakit serta lain sebagainya.

Salah satu teknik dasar dari biologi molekuler adalah cloning ekspresi. Knik ini biasanya digunakan untuk mempelajari fungsi protein.

Biologi sistem mempunyai tujuan untuk membangun model perilaku dinamik dari keseluruhan sistem biologis tersebut. Model yang baik akan memungkinkan ahli biologi dalam memprediksi bagaimana perubahan pada satu atau lebih variable yang akan mempengaruhi komponen lain serta keselurihan dari sistem. Jadi, pendekatan sistem dapat memungkinkan kita untuk mengajukan berbagai jenis pertanyaan baru. Sehingga dalam hal ini biologi sistem berperan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang besar serta urgen yang dari waktu ke waktu akan terus muncul. Biologi sistem ini sangat relevan dengan ilmu hayati di semua tingkat.

Menurut penelitian selama tahun awal abad ke-20 para ahli biologi yang mempelajari fisiologi hewan mulai mengintegrasikan data tentang cara organ-organ mengkoordinasikan berbagai macam proses. Sementara pada tahun 1960-an para ilmuwan ekosistem merintis pendekatan sistem dengan model-model yang terperinci yang menggambarkann jejaring interaksi antara organisme dan komponen lain dalam ekosistem. Langkah ini berfungsi dan bermanfaat dalam memprediksi respon sistem terhadap variable yang berubah.

Jadi, dapat kita ambil kesimpulan bahwa biologi sistem merupakan gabungan dari beberapa cabang ilmu biologi yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih menyeluruh dan mendetail terhadap makhluk hidup sebagai kesatuan sistem. Demikian uraian mengenai Biologi Sistem Dan Penjelasannya semoga dapat meberikan informasi serta menambah wawasan bagi kita semua.

Baca juga:

Hormon Poliamin Pada Tumbuhan

Kelainan Pada Ovarium Wanita dan Cara Mencegahnya