Bagian Paru-Paru Pada Manusia

Posted on

Bagian Paru-Paru Pada Manusia

Bagian Paru-Paru Pada Manusia – Manusia sebagai makhluk hidup mempunyai kebutuhan yang sama seperti halnya makhluk hidup lainnya, yaitu kebutuhan untuk bernafas. Tubuh manusia membutuhkaan oksigen untuk melangsungkan metabolisme di dalam tubuh, seperti pemecahan energy melalui beberapa proses. Paru-paru sebagai salah satu organ vital yang ada di tubuh manusia sebagai organ utama dalam proses pernafasan. Selain membantu kitaa dalam menghirup oksigen, paru-paru ini memiliki fungsi lainnya yang tidak kalah penting.

Fungsi Paru Paru

Fungsi tersebut salah satunya adalah untuk melindungi jantung hingga mencegah infeksi. Secara lebih lengkapnya berikut, beberapa fungsi paru-paru sebagai organ vital manusia.

  • Sebagai organ tempat bertukarnya gas oksigen dengan karbondioksida
  • Paru-paru juga berperan dalam mebuang limbah karbondioksida dari dalam tubuh
  • Sebagai pengendali kadar keasaman atau pH darah dengan mengubah tekanan dan kadar CO2 atau karbondiosida.
  • Berfungsi dalam melakukan penyaringan gumpalan darah yang mungkin terbentuk di dalam vena
  • Melindungi organ jantung dari guncangan
  • Membantu menyediakan dan mengalirkan udara dalam menghasilkan suara
  • Sebagai penyimpan cadangan atau reservoir darah di dalam tubuh
  • Berperan dalam melindungi sistem organ tubuh dari masalah yang ditimbulkan dengan menyaring partikel dan bakteri yang terbawa udara. Partikel daebu dan bakteri yang ikut terhirup akan ditangkap oleh paru-paru sebelum melalui proses pertukaran darah.

Paru-paru manusia terletak pada rongga dadadan dilindungi oleh tulang selangka. Rongga dada dan juga rongga perut dipisahkan atau disekat oleh diafragma. Organ paru-paru ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu paru-paru kiri dan paru-paru kanan. Paru-paru kanan memiliki berat sekitar 620 gram sementara paru-paru kiri seberat 560 gram. Kedua paru-paru ini dipisahkan oleh organ jantung serta pembuluh darah lainnya.

Baca Selengkapnya  5 Hormon yang Berpengaruh Menentukan Berat Badan Manusia

Tidak hanya itu, paru-paru juga dibungkus oleh suatu selaput yang dinamakan pleura. Kedua pleura dipisahkan oleh rongga dengan sebutan kavum pleura. Kavum pleura ini hampa udara sehingga paru-paru dapat dengan mudah mengempis dan mengembang. Selain itu, kavum pleura juga berisi eksudat atau cairan yang berfungsi dalam melumasi selaput pleura untuk menghindari terjadinya kerusakan ketika pleura bergesekan.

Paru-paru sebelah kanan lebih berat dikarenakan terdapat gelambir sebanyak 3 buah atau disebut dengan nama lobus. Sementara paru-paru sebelah kiri hanya terdapat 2 gelaambir saja. Meskipun hanya terdiri dari 2 lobus, paru-paru sebelah kiri juga memiliki jumlah segmen yang sama seperti paru-paru kanan yaitu 10 segmen yang terdiri dari 5 segmen pada masing-masing lobus. Penjelasn lebih jelasnya berikut ini Bagian-Bagian Paru-Paru Pada Manusia yang perlu untuk diketahui.

1. Bronkus

Bronkus merupakan bagian percabangan dari trakea yang menghubungkan paru-paru sebelah kanan dengan paru-paru sebelah kiri. Bronkus sebelah kanan memiliki ukuran lebih besar, lurus dan pendek jika dibandingkan dengan bronkus sebelah kiri yang memiliki ukuran lebih besar dengan panjang sekitar 5 cm. Bronkus ini disusun oleh tulang rawan yang merupakan jaringan penyusun rangka pada bronkus otot polos, yang memungkinkan manusia untuk bernafas secara otomatis. Sementara lapisan mukosa memiliki peran untuk menghasilkaan lendir yang melindungi paru-paru dari partikel asing, seperti kotoran dan debu.

2. Bronkiolus

Bronkiolus merupakan bagian apru-paru yang menjadi percabangan selanjutnya dari bronkus yang berperan sebagai jalan masuk udara menuju alveolus. Bronkiolus mempunyai diameter sekitar 1 mm atau bisa lebih kecil. Diameter bronkiolus ini dapat berubah disesuaikan dengan tekanan udara yang masuk. Penyempitan diameter bronkiolus dinamakan dengan bronkokonstriksi yang dirangsang oleh saraf parasimpatis dan histamine. Jaringan bronkiolus ini terdiri dari sel epitel kuboid bersilia dan otot polos.
Selain itu, bronkiolus mempunyai bagian yang lebih kecil dengan diameter kurang dari 0,5 mm. pada terminal bronkiolus tersebut terdapat bagian dengan nama duktus alveolus.

Baca Selengkapnya  Kelenjar Tiroid : Pengertian, Fungsi, Gangguan, dan Cara Menjaganya Terlengkap

3. Alveolus (jamak alveoli)

Sebagian beesar paru-paru terdiri dari gelembung udara atau alveolus dengan diameter antara 0,2 – 0,3 mm. Mempunyai jumlah keseluruhann alveolus mencapai 700 juta buah dan apabila apru-paru dibentangkan maka luasnya dapat mencapai 90m persegi. Alveolus memiliki ukuran yang bervariasi tergantung lokasinya di dalam paru-paru. Susunan alveolus terdiri dari sel-sel epitel dan endothelium. Sel epitel dam alveolus dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

• Sel epitel tipe I yaitu sel epitel squamosal yang memiliki ukuran besar dan datar, berfungsi dalam proses pertukaran udara.
• Sel epitel tipe II yaitu sel pneumosit granular yang tidak mempunyai bagian dalam proses pertukaaran udara di dalam paru-paru.

4. Pleura

Pleura merupakan yang berperan dalam membungkus paru-paru dan melindungi paru-paru dari gesekan selama proses respirasi. Pleura ini terdiri dari dua lapisan tipis, yaitu:
• Pleura visceral, pleura bagian dalam yang membungkus langsung organ paru-paru.
• Pleura parietal yaitu selaput pleura bagian luar yang menempel pada rongga dada manusia.

5. Trakea

Bagian-Bagian Paru-Paru Pada Manusia selanjutnya adalah trakea atau disebut dengan tenggorokan yang menjadi bagian penghubung larynk dengan bronkus. Trakea pada manusia tersusun dari jaringan tulang rawan yang terlapisi oleh sel bersilia. Silia ini berfungsi untuk menyaaring udara yang akan masuk ke dalam paru-paru.

6. Diafragma

Diafragma merupakan sekat yang menjadi pembatas antara rongga dada dengan perut. Antara kedua lapisan tipis pleura terdapat rongga yang dinamakan pleural cavity. Pleural cavity ini memiliki fungsi sebagai pelindung paru-paru dari gesekan yang terjadi pada proses pernafasan. Dalam bagian ini juga terdapat cairan yang dapat membaantu dan mendukung dalam proses bernafas menjadi lebih mudah dan ringan.

Baca Selengkapnya  Glaucoma : Pengertian, Jenis, Pemeriksaan, Dan Pengobatannya

Demikian pembahasan tentang Bagian Bagian Paru-Paru Pada Manusia dimana semua bagian paru-paru manusia tersebut menjadi satu kesatuan dalam membantu proses pernafasan. Gangguan pada salah satu bagain tersebut dapat berakibat buruk pada bagian alat pernafaasan yang lainnya. Semoga uraian ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.

Baca juga:

7 Bahaya Tidak Melestarikan Lingkungan Sekitar

5 Fungsi Bulu Mata Bagi Manusia