8 Contoh Tumbuhan Monokotil Beserta Gambar – Pengertian Dan Cirinya Lengkap

Posted on

8 Contoh Tumbuhan Monokotil Beserta Gambar Dan Ciri-Cirinya Lengkap

8 Contoh Tumbuhan Monokotil Beserta Gambar Dan Ciri-Cirinya Lengkap – Pembagian tumbuhan pada umumnya dapat didasarkan pada bagian dari tubuh tumbuhan, misalnya berdasarkan akar yang dapat dikelompokkan menjadi akar tunggang dan akar serabut serta berdasarkan daun yang juga dapat dikelompokkan menjadi beberapa kelompok. Selain itu pengelompokkan tumbuhan juga dapat didasarkan pada jumlah kepingan bijinya.

Pengelompokkan tersebut dilakukan agar kita dapat dengan mudah membedakan dan mempelajari mengenai tumbuhan. Pada umumnya pembagian tumbuhan berdasarkan jumlah bijinya dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu tumbuhan dikotil dan monokotil. Namun, untuk saat ini yang akan kami uraikan yaitu tentang 8 ContohTumbuhan Monokotil Beserta Gambar Dan Ciri-Cirinya Lengkap.

Pengertian Tumbuhan Monokotil

Tumbuhan monokotil merupakan tumbuhan yang bijinya hanya berkeping tunggal serta masuk kedalam kategori angiospermae. Ada beberapa tumbuhan yang tergolong kedalam jenis tumbuhan monokotil, yaitu pinang-pinangan (Palmae), rumput-rumputan (Graminae), Anggrek-anggrekan (Orchidaceae), pisang-pisangan (Musacee), dan jahe-jahean (Zingiberaceae). Selain itu, tumbuhan monokotil memiliki ciri-ciri yang khas dan dengan mudah kita dapat membedakanya dengan tumbuhan dikotil.

Ciri Ciri Tumbuhan Monokotil

  1. Tumbuhan monokotil memiliki biji yang hanya berkeping satu
  2. Memiliki akar yang serabut
  3. Mempunyai daun tunggal atau tulang daun yang sejajar dan mempunyai bentuk pita, daun berseling.
  4. Bagian bunga pada tumbuhan monokotil tersusun atas; mahkota bunga, kelopak bunga, benang sari dengan jumlah 3 atau kelipatan 3.
  5. Batang pada tumbuhan jenis monokotil tidak bercabang
  6. Memiliki pembuluh angkut yang bisa ditemukan pada bagian batang kolateral yang tertutup.

8 Contoh Tumbuhan Monokotil

Setelah sedikit membahas mengenai pengertian dari tumbuhan monokotil berikut ini penjelasan tentang 8 Contoh Tumbuhan Monokotil Beserta Gambar Dan Ciri-Cirinya Lengkap.

1. Padi (Oryza sativa L)

Tanaman padi termasuk kedalam suku padi-padian (poaceae). Tanaman ini memiliki ciri-ciri yaitu tanaman semusim, berakar serabut, memiliki batang pendek, struktur serupa batang yang terbentuk dari rangkaian pelepah daun yang saling menopang sempurna dengan pelepah tegak. Selain itu daun berbentuk lanset dengan warna hijau muda dan hijau tua, berurat daun sejajar ditutupi oleh bulu halus yang jarang, bagian bunga tersusun majemuk, tipe buah bulir atau kariopsis yang tidak dapat dibedakan buah dan bijinya, bentuk buah bulat hingga lonjong dengan ukuran 3 – 15 mm. jenis padi yang pada umumnya dikonsumsi adalah jenis endu spermium.

2. Kunyit (Curcuma domestica Val)

Tanaman kunyit dengan nama latin Curcuma domestica Val. Memiliki fungsi penting pada bagian akar yang serupa umbi. Jika dilihat dari bentuk bunga tanaman kunyit termasuk jenis bunga yang majemuk dengan rambut dan sisik di bagian pucuk batang semuanya.Tanaman kunyit ini termasuk kedalam tanaman tropis

3. Rumput Teki (Cyperusrotundus)

Rumput teki atau biasanya disebut dengan suket merupakan gulma pertanian yang pada umumnya ditemukan pada lahan terbuka. Rumput teki dapat dengan mudah tumbuh dimana saja jika tersedia air yang cukup bahkan mampu bertahan terhadap kekeringan dan jenis gulma yang sulit untuk dikendalikan. Rumput ini berbentuk umbi dan geragih (stolon) yang dapat mencapai kedalaman satu meter, sehingga dapat menghindari kedalaman olah tanah yaitu sekitar 30 cm.

4. Kurma (Phoenix dactylifera)

Kurma termasuk dalam suku pinang pinangan buah pohon ini dapat dikonsumsi. Memiliki ukuran pohon sedang dengan tinggi 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau dapat juga membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah system akar tunggal. Memiliki daun dengan panjang 3-5 m disertai duri pada tangkai daun, berbentuk menyirip dan mempunyai 150 pucuk daun muda. Rentangan penuh mahkota pada pohon ini berkisar 6-10 m.

5. Anggrek (Orchidaceae)

Anggrek memiliki Bunga dengan berbagai jenis yang beragam. Pada umumnya bunga jenis ini dapat tumbuh di daerah tropis dan menumpang pada tubuh tanaman lain. Akan tetapi tidak dapat disebut sebagai parasit pohon, dikarenakan beberapa jenis anggrek lainnya dapat tumbuh dengan cara hidup sendiri.

6. Jagung (Zea Mays sp)

Jagung merupakan salah satu tumbuhan pengganti padi yang dapat dikonsumsi sebagai makanan. Di beberapa daerah jagung dimanfaatkan sebagai makanan pokok serta bahan utama pembuat roti. Jagung memiliki daun tunggal menyirip dengan batang yang beruas. Pada umumya memiliki manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh.

7. Jahe (Zingiber Officinale)

Jahe merupakan tanaman yang hampir mirip seperti kunyit, akan tetapi berbeda dalam hal warna, bau, daun, dan bunganya. Jahe memiliki senyawa keto yang kuat sehingga jika dikonsumsi akan menimbulkan rasa yang pedas. Ada beberapa jenis jahe yang ada dilingkungan kita tinggal, yaitu jahe merah, jahe putih, dan juga jahe gajah. Manfaat yang dimiliki tumbuhan ini juga banyak diantaranya sebagai obat untuk mengatasi perut kembung, untuk mengatasi batuk, dan sebagai obat antioksidan.

8. Pisang kipas (Revenala madagascariencis)

Pisang kipas termasuk kedalam suku pisang-pisangan yang biasanya dipakai sebagai tanaman hias. Pisang kipas memiliki satu daun namun tumbuh dengan sejajar. Memiliki biji berkeping satu dan berakar serabut serta batang yang tidak bercabang dan tidak pula berkambium.

Nah, itulah penjelasan mengenai 8 Contoh Tumbuhan Monokotil Beserta Gambar Dan Ciri-Cirinya Lengkap yang dapat anda pelajari. Dengan demikian kita dapat membedakan jenis tanaman berdasarkan jumlah keeping bijinya. Tanaman tersebut merupakan tanaman monokotil yang hanya berkeping tunggal dengan akar serabut, dan daun tunggal serta pohon tidak bercabang. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Baca juga: