7 Bahaya Tidak Melestarikan Lingkungan Sekitar

Posted on

7 Bahaya Tidak Melestarikan Lingkungan Sekitar

7 Bahaya Tidak Melestarikan Lingkungan Sekitar – Sudah seyogyanya bahwa kita manusia harus hidup berdampingan dengan mahkluk hidup yang ada di bumi, seperti misalnya bintang, tumbuh-tumbuhan, bakteri atau mikroba dan makhluk mikroorganisme tak kasat mata ataupun yang kasat mata. Selain dengan makhluk hidup, manusia di bumi juga melangsungkan hidupnya berdampingan dengan benda-benda abiotic. Benda abiotic tersebut secara langsung dan tidak langsung memberikan manfaat, yaitu batu, air, udara, suhu, panas matahari dan lain sebagainya. Bahkan kita sering menamai tempat tinggal kita tersebut dengan sebutan lingkungan.

Umumnya lingkungan tempat tinggal manusia dan mahkluk hidup lainnya ini terbagi menjadi 2 yaitu lingkungan alam dan lingkungan buatan. Lingkungan alam adalah lingkungan yang diciptakan oleh Tuhan secara langsung untuk manusia dan makhluk hidup lainnya. Lingkungan alam tersebut dapat berubah-ubah dari waktu ke waktu sesuai dengan faktor yang mempengaruhinya.

Beberapa faktor yang dapat menjadi pemicu perubahan kondisi lingkungan salah satunya adalah bencana alam yang dapat menimbulkan kerusakan. Seperti saat ini ketika musim hujan datang banyak terjadi bencana banjir diberbagai daerah dataran rendah, sementara pada wilayah dataran tinggi lebih rentan terhadap tanah longsor.

Mengapa lingkungan sekitar perlu dilestarikan? Pertanyaan ini seringkali muncul dan dipertanyakan oleh semua orang. Pertanyaan tersebut haruslah diulas agar dapat memberikan informasi yang semestinya. Lingkungan sebagai tempat tinggal makhluk hidup ini harus selalu dijaga kelestariannya. Hal ini dikarenakan ketika lingkungan sekitar kita lestarikan maka akan terhindar dari kerusakan serta dapat menjalaankan fungsi dan peran sebagaimana mestinya.

Baca Selengkapnya  Ekosistem : Pengertian, Macam Macam, dan Komponen-Komponen Terlengkapnya

Maka dari itulah kita sebagai manusia harus dapat menjaga lingkungan agar tetap berada dalam kondisi baik. Sehingga lingkungan tempat tinggal kita dapat memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya dan tidak berdampak buruk untuk keselamatan.

7 Bahaya Tidak Melestarikan Lingkungan Sekitar akan berdapak buruk untuk kelangsungan hidup makhluk hidup. Lingkungan ini selain berperan sebagai tempat tinggal namun juga sebagai penyedia dari kebutuhan makhluk hiduo itu sendiri. Jika kita lalai dalam menjaga lingkungan maka akan berdampak negative dan imbasnya akan mengenai kita sendiri. Berikut beberapa dampak apabilaa tidak melestarikan lingkungan disekitar kita.

1. Terjadi Bencana Alam

Jika kita tidak melestarikanlingkungan sekitar maka akan memberikan dampak buruk, yaitu terjadinya bencana alam. Hal tersebut secara sadar atau tidak sadar akan terjadi juga kepada lingkungan kita. Terdapat bencana alam terjadi atas kehendak Tuhan namun ada juga beberapa di antaranya terjadi akibat dari kelalaian manusia yang tidak merawat lingkungannya dengan baik. Bencana alam yang disebabkan karena kita sebagai manusia tidak menjaga lingkungan dengan baik yaitu tanah longsor dan banjir.

Kedua bencana tersebut seringkali menjadi momok yang setiap tahunnya terjadi di berbagai daerah. Hal ini disebabkan karena manusia secara sengaja menebang pohon yang terdapat didaerah hutan dan lereng pegunungan. Sehingga dapat mengakibatkan banjir dan tanah longsor yang sering terjadi ketika musim hujan tiba.

2. Terjadi Kerusakan Lingkungan

Dampak lainnya apabila kita tidak menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar adalah terjadinya kerusakan lingkungan. Hal tersebut menjadi akibat yang selalu terjadi karena tidak menjaga kelestarian lingkungan. Apabila kita tidak menjaga lingkungan dengan sebaik baiknya otomatis akan mengakibatkan kerusakan lingkungan.

Baca Selengkapnya  Pencemaran Udara : Pengertian, Penyebab, Dampak, Cara Menanggulangi dan Contohnya Lengkap

3. Menyebabkan Pencemaran Lingkungan

7 Bahaya Tidak Melestarikan Lingkungan Sekitar yang selanjutnya adalah dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Lingkungan yang tidak dirawat dan dijaga dengan baik akan mengalami kerusakan dan berakibat kotor serta tercemar oleh sampah. Dari kondisi yang tercemar oleh sampah yang tidak dikelola dengan baik maka dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Baik itu tercemar oleh bakteri ataupun bahan kimia. Lingkungan yang perlu dan harus dijaga kelestariannya adalah lingkungan darat, laut dan udara. Jika ketiga lingkungan tersebut tidak dilestarikan dengan baik dapat tercemar dan berpotensi untuk meracuni makhluk hidup yang ada didalamnya.

4. Terdapat Tumbuhan Yang Punah

Penyebab tidak menjaga lingkungan dengan baik dapat menjadikan beberapa tumbuhan mengalami kepunahan. Kepunahan ini dapat terjadi jika tumbuhan tersebuts ecara sengaja diambil oleh manusia secara besar-besaran ataupun karena faktor lingkungan yang sudah rusak. Sehingga lingkungan yang rusak tersebut tidak dapat menopang hidup tumbuhan langka ini dan pada akhirnya tumbuhan mati dan punah.

5. Banyak Binatang Yang Terancam Punah

Seperti halnya tumbuhan, hwan juga akan mengalami kepunahan jika lingkungan tempat tinggalnya tidak dilestarikan dengan baik. Keadaan lingkungan yang buruk akan menyebabkan kelangsungan hidup binatang menjadi terganggu. Apabila terjadi dalam waktu yang panjang binatang tidak dapat bertahan hidup dan akan mengalami kematian.

6. Sumber Daya Alam Semakin Menipis

Dampak jika tidak melestarikan lingkungan dengan baik adalah sumber daya alam semakin langka dan menipis. Akibat ini tidak mungkin dapat dihindari dan pastinya akan terjadi nantinya apabila tidak menggunakannya dengan bijak. Misalnya daja ketika manusia secara sengaja menebang pohon di hutan atau dipekarangannya maka cadangan air akan menipis. Hal ini disebabkan pohon berfungsi sebagai penyimpan cadangan air.

Baca Selengkapnya  Pertambangan - Pengertian, Dampak dan Usaha Pengendaliannya

7. Banyak Muncul Berbagai Penyakit

Bahaya dari tindakan tidak melestarkan lingkungan yang berikutnya adalah memunculkan bibit penyakit. Jelas saja lingkungan yang kotor dan tercemar oleh sampah dapat menjadi sarang berbagai macam binatang yang dapat menimbulkan dan membawa penyakit. Seperti misalnya nyamuk, kecoa, lalat, tikus dan lain sebagainya yang umum menyukai tempat kumuh dan kotor. Selain itu, udara yang tersemar juga bisa memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan.

Nah, itulah uraian tentang 7 Bahaya Tidak Melestarikan Lingkungan Sekitar yang umumnya berdampak secara langsung kepada makhluk hidup disekitarnya. Selain itu, bahaya tersebut juga meberikan dampak negative untuk lingkungan ke depannya. Semogaa data memberikan informasi dan wawasan kepada kita semua sehingga kita dapat lebih bijak menjaga dan melestarikan lingkungan.

Baca juga:

5 Fungsi Bulu Mata Bagi Manusia

Ciri Hewan Australis Beserta Penjelasannya