6 Fungsi Asam Traumalin Pada Tumbuhan

Posted on

6 Fungsi Asam Traumalin Pada Tumbuhan

6 Fungsi Asam Traumalin pada Tumbuhan – seperti halnya manusia dan juga hewan, tumbuhan pun diciptakan memiliki hormon. Yakni zat kimia yang dibentuk secara internal lalu didistribusikan ke semua bagian tubuh guna membawa pesan kimiawi yang akan mempengaruhi dalam proses fisiologi tumbuhan itu. Ada banyak hormone yang dimiliki oleh tumbuhan yang akan membantunya bisa tumbuh secara maksimal. Meskipun hormon tumbuhan (fitahormon) akan dihasilkan didalam tubuh, namun faktor-faktor eksternal pun bisa mempengaruh fitahormon itu.

Dibawah ini merupakan jenis hormon dalam tumbuhan yang memiliki peran penting:

1. Hormon giberelin
2. Hormon etilen
3. Hormon asam absisat
4. Hormon sitokinin

Pembentukan hormon pada tumbuhan

Pada umumnya pembentukan hormon-hormon tumbuhan dapat dipengaruhi genetika, keadaan lingkungan, musim dan juga berbagai vitamin dalam tumbuhan itu sendiri. Contohnya ialah vitamin B1, B12, B6, maupun vitamin C.
Fitahormon atau hormon tumbuhanumumnya diproduksi di bagian tumbuhan bersama sel-sel aktif yang dapat membelah, misalnya pucuk batang ataupun cabang, bagian ujung akar ataupun dibagian tumbuhan pada tahap perkembangan pesat, contohnya ialah buah yang sedang pada proses pematangan.

Baca Selengkapnya  20 Manfaat Akar Bahar bagi Kesehatan Terlengkap

Dari sekian banyak hormon yang ada dalam tumbuhan, ada salah satunya yang disebut sebagai asam traumalin. Kata lain hormon asam traumalin ialah hormon luka ataupun kambium luka. Ada sebab kenapa hormon tersebut disebut dengan hormon luka.

Penamaan dari hormon luka ataupun kambium luka berhubungan pada salah satu fungsi hormone yang berkaitan dengan regenerasi jaringan yang telah terluka. Meskipun hormone asam traumalin bentuknya cair, namun pada keadaan normal, hormone asam traumalin bentuknya padat, mengkristal serta tidak gampang larut didalam air.
Jenis hormon Asam traumalin termasuk hormon hipotetik, yakni gabungan dari sejumlah aktivitas hormon seperti, giberelin, etilen, auksin, sitokinin, serta asam absisat. Pada tanaman yang kekurangan hormone asam traumalin bakal kesulitan untuk melakukan regenerasi.

Jika membahas mengenai asam traumalin, tentu berkaitan dengan fungsi dan perannya terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Salah satunya ialah berfungsi bagi kehidupan manusia dengan tujuan tertentu.

Fungsi Asam Traumalin

Dibawah ini beberapa fungsi dari asam traumalin bagi tumbuhan:

1. Memperbaiki jaringan pada tumbuhan

Fungsi yang pertama ialah memperbaiki jaringan tumbuhan yang terluka dan terjadi dengan sistematis. Sekaligus berguna dalam menyebarkan informasi saat jaringan dalam tumbuhan terluka, dibagian akar, daun, bunga, batang, maupun lainnya dengan sistematis di seluruh bagian tumbuhan.
Sedangkan cara kerja asam traumalin ini ialah dengan cara merangsang sel-sel dalam jaringan yang rusak sampai muncul pembelahan sel lalu menutup luka dibagian jaringan yang telah rusak. Meskipun demikian, dalam suatu percobaan, dibagian tumbuhan yang telah terluka dan cepat dicuci, telah menghasilkan tak adanya pembelahan sel. Kejadian itu mengindikasikan jika hormon luka ataupun asam traumalin bisa dimanupulasi.

2. Membantu proses perkembangbiakan tanaman khususnya tumbuhan tingkat sederhana

Dalam sebuah percobaan sejumlah ilmuwan yang memakai asam traumalin sintesis sebagai bahan uji yang diterapkan kedalam tumbuhan ganggang contohnya di tumbuhan paku ini telah menghasilkan jika asam traumalin memiliki pengaruh besar terhadap penggandaan tanaman ganggang.

Baca Selengkapnya  Hormon Pertumbuhan Giberelin : Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Letaknya Lengkap

3. Dimanfaatkan dalam sintesis prostaglandin

Pada sintesis prostaglandin, hormone asam traumalin ini dipersiapkan pada temperatur serta jumlah tertentu guna memenuhi keadaan tertentu. Setelah itu, hormon luka akan ditempatkan di sebuah wadah yang harus melewati tahapan tahapan, diantaranya pencampuran asam traumalin bersama zat lain, pengukuran hasil sintesis, pengadukan maupun lainnya.

4. Sebagai faktor pertumbuhan

Pada sebuah penelitian, menunjukan jika asam traumalin membantu pada aktivitas pertumbuhan sel-sel ataupun jaringan tumbuhan dewasa dan tak mengalami luka. Tapi, aktivitas pertumbuhan itu adalah kerjasama dari hormon yang terkandung jaringan xilem maupun floem dengan asam traumalin, yang menimbulkan pembelahan sel-sel tumbuhan dewasa dan tak terluka. Kejadian itu, mengindikasikan jika sel-sel dalam permukaan tumbuhan dewasa tak terluka dapat merespon aktivitas pembelahan sel tumbuhan.

5. Meningkatkan kandungan protein pada ganggang

Ada pula percobaan pada ganggang yang memanfaatkan asam traumalin dalam konsentrasi tertentu. Sehingga menghasilkan percobaan itu dan membuktikan jika asam traumalin yang bisa meningkatkan jumlah protein ganggang, bahkan keberadaan ion Nacl ganggang. Itu diperkirakan oleh beberapa ilmuwan, sebab asam traumalin tumbuhan, termasuk tumbuhan ganggang juga bisa menetralisir beberapa stress tumbuhan salah satunya ialah stress garam atau (salt stress).

6. Berperan penting terhadap aktivitas antioksidan pada ganggang hijau chlorella vulgaris

Hal ini juga termasuk hasil percobaan dari beberapa ahli. Pada percobaan ini memanfaatkan asam traumalin, dan ditujukan guna mengetahui aktivitas sejumlah enzim antioksidan dalam ganggang hijau chlorella vulgaris dan telah mengalami adanya peningkatan.
Melihat beberapa percobaan yang dilakukan diatas, membuktikan jika asam traumalin memiliki peran sangat penting khususnya pada aktivitas metabolisme tumbuhan ganggang hijau chlorella vulgaris. Serta terdapat kemungkinan itu karena memiliki kemampuan untuk melakukan adaptasi serta menetralisir sejumlah stress dilingkungan sekitar tumbuhan sendiri.

Baca Selengkapnya  5 Cara Merunduk Tanaman Dengan Mudah Yang Benar

Fungsi Hormon Pada Tumbuhan Lainnya

Hormon Giberelin

Pada hormone giberelin berfungsi dalam merangsang pembelahan sel sekaligus merangsang aktivitas dari enzim amylase dan juga proteinase yang berguna untuk perkecambahan. Hormon ini juga berguna dalam merangsang pembentukan tunas, merangsang tumbuhnya tunas dengan parthenogenesis, dan juga menghilangkan dormansi biji.

Hormon Sitokinin

Selanjutnya ada hormone sitokinin yang berguna dalam merangsang pembelahan sel, terbentuknya tunas batang dan pada kalus, mencegah efek dominansi apikal, maupun empercepat perkembangan memanjang. Hormone sitokinin ini bisa kita temukan dibagian jaringan tumbuhan yang dapat membelah.

Gas Etilen

Bentuk hormone yang berupa gas ini berguna dalam pemasakan buah. Misalnya pada buah jambu atau mangga yang dipetik ketika belum masak, Bila disimpan beberapa waktu, lama lama akan masak. Buah pisang yang masih masak sebagian bila disimpan akan matang seluruhnya.
Nah, itulah ke 6 Fungsi Asam Traumalin pada Tumbuhan dan fungsi hormone lainnya. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Pemupukan Anorganik Dan Penjelasannya

Mengapa Proses Perkecambahan Lebih Cepat Pada Area Yang Gelap