2 Reproduksi Bakteri : Pengertian, Cara, Tahapan Dan Gambar Ilustrasinya Lengkap

Posted on

2 Reproduksi Bakteri : Cara, Tahapan, Dan Gambar Ilustrasi

2 Reproduksi Bakteri : Cara, Tahapan, dan Gambar Ilustrasi – secara umum, bakteri melakukan suatu proses reproduksi ataupun proses berkembang biak dengan cara aseksual dengan membelah diri. Proses pembelahan sel-sel pada siklus hidup bakteri merupakan proses pembelahan yang bersifat biner, yakni pada setiap sel akan melakukan proses membelah dirinya menjadi 2 bagian dengan ukuran sama rata.

2 Reproduksi Bakteri
Pada beberapa macam dan jenis bakteri yang berada dalam suatu lingkungan yang memiliki kesesuaian dapat melakukan proses membelah dalam kurun waktu setiap 20 menit sekali.

A. Reproduksi Aseksual pada Bakteri

Reproduksi bakteri juga dilalui reproduksi aseksual dimana bakteri akan melalui pertumbuhan melalui beberapa tahap yaitu sebagai berikut ini :

1. Pertumbuhan Tunas

Dengan metode pertumbuhan tunas ini maka sel bakteri akan mereproduksi dengan cara di mulai nya melalui tumbuhan dan akan berkembang menjadi sebuah tonkolan yang berukuran kecil di salah satu ujung sel tersebut. Tunas inilah yang akan mereplikasi genom, kemudian akan tumbuh menjadi besar dan akan menjadi sel anakan. Selain itu, sel tersebut akan memisahkan dirinya dari induknya. Sehingga, dari pemisahan itu sel tersebut dapat menjadi bakteri yang baru.

2. Fragmentasi

Jika masih di dalam kondisi pada lingkungan yang tidak memberikan keuntungan, maka bakteri juga akan melakukan proses reproduksi dengan metode yang lain nya yaitu fragmentasi. Proses fragmentasi yaitu ketika protoplasma bakteri akan mengalami tahap kompartementalisasi dan akan membentuk gonidia. Lalu, pada kondisi tersebut mulai ada keuntungan, maka gonidia yang tadi akan menjadi bakteri yang baru dan juga dengan replikasi genom di setiap fragmennya.

Baca Selengkapnya  5 Peran Bakteri yang Menguntungkan bagi Manusia Terlengkap

3. Pembelahan Biner

Pembelahan biner adalah suatu cara yang sering di temukan di dalam proses reproduksi bakteri dimana adanya pembelahan biner yang lazim dan hanya bisa terjadi pada saat kondisi di lingkungan sekitar berada di saat yang memberikan keuntungan. Sel bakteri ini akan melakukan proses pembelahan dan akan membelah menjadi 2 sel yang memiliki ukuran bahkan juga memiliki kesamaan. Jika di simak kembali maka pada proses pembelahan ini akan terjadi sebuah dinding yang melintas dan juga yang akan memisahkan kromosom di kedua sel anak tersebut.

B. Reproduksi Seksual pada Bakteri

Saat proses reproduksi suatu bakteri, selain melakukan reproduksi dengan cara aseksual, bakteri juga bisa melakukan proses reproduksinya dengan cara seksual, yakni dengan cara melakukan pertukaran materi genetik yang dimiliki olehnya yang disebut dengan rekombinasi genetik atau yang populer di telinga masyarakat disebut dengan rekombinasi DNA.
Berikut ini adalah penjelasan mengenai 3 cara rekombinasi genetik yang terjadi pada bakteri :

1. Transformasi

Transformasi adalah suatu proses dimana masuknya DNA yang masih telanjang ke dalam bagian tubuh sel-sel bakteri. Dimana sel-sel bakteri tersebut berasal dari satu sel suatu bakteri ke dalam sel-sel yang berbeda. Sel-sel tersebut akan melakukan tugasnya yaitu mengubah sifat sel yang dimiliki oleh bakteri. Bakteri yang sering melakukan proses transformasi tersebut antara lain Streptococcus pneumoniae, Neisseria gonorrhoeae, Bacillus, dan juga Rhizobium.

Pada keadaan dan kondisi kompeten, sel akan menghasilkan satu ataupun lebih dari suatu protein. Proses ini memiliki beberapa fungsi kompetensi, yakni sebagai berikut prosesnya :

  • Fungsi pertama yakni, berperan dalam proses memodifikasi bagian dari dinding sel sehingga bisa terjadi suatu ikatan dengan fragmen-fragmen dari DNA eksogenus yang asing.
  • Fungsi kedua yakni, berperan dalam membantu, mengambil dan juga melakukan proses menginkorporasi dari DNA yang asing.
Baca Selengkapnya  Klasifikasi Bakteri : Pengertian, Jenis, Pengelompokan dan Contohnya Lengkap

2. Transduksi

Transduksi merupakan suatu proses terjadinya pemindahan materi genetik dari satu bagian sel-sel bakteri ke bagian sel-sel bakteri lainnya. Dimana pemindahan itu dengan menggunakan sebuah perantara yaitu organisme-organisme lain seperti halnya bakteriofage atau lebih populer dengan disebut virus bakteri.
Proses Transduksi terspesialisasi bisa terjadi, jika pada sebuah daerah yang spesifik terdapat pada kromosom suatu bakteri akan menjadi terintegrasi dengan sebuah partikel-partikel pada virus dewasa. Berikut ini 4 karakteristik yang dapat membedakan antara transduksi terspesialisasi dan transduksi umum, yakni :

  • Gen-gen dari sebuah bakteri yang dapat dilakukan proses transduksi hanya yang terletak berdekatan dengan tempat-tempat profag terjadi proses integrasi.
  • ProseS ini, hanya melibatkan profag tipe alpha saja.
  • Proses transduksi tersebut dapat terjadi dikarenakan dari sebuah eksisi yang kondisinya cacat ataupun defektif dilakukan oleh profag dari kromosom inangnya.
  • Bakteri progeni yang mempunyai suatu sifat yang rekombinan kemungkinan diploid parsial.

3. Konjugasi

Definisi dari proses konjugasi itu sendiri merupakan suatu proses pemindahan berbagai materi genetik yang secara langsung akan melalui dan melewati kontak sel dengan membentuk suatu struktur-struktur misalnya jembatan di antara dua buah sel pada bakteri yang saling berdekatan. Secara umum, proses konjugasi akan terjadi pada suatu bakteri Gram negatif, seperti halnya Escherichia coli.

Pada proses konjugasi suatu bakteri akan melibatkan proses penyatuan yang bersifat sementara dari dua buah sel yang memiliki tipe perjodohan-perjodohan yang sangat berbeda, kemudian akan diikuti oleh proses transfer searah dengan sejumlah beberapa materi genetik yang melewati sebuah jembatan yaitu sitoplasmik dari sel-sel donor yang menuju ke dalam sel-sel resipien, dan selanjutnya akan terjadi proses perpisahan sel-sel tersebut yang biasanya dinamakan proses ekskonjugan.

Baca Selengkapnya  5 Jenis Bakteri Agen Penyakit Pada Manusia dan Cara Mengatasinya Lengkap

Demikianlah ulasan mengenai 2 Reproduksi Bakteri : Cara, Tahapan, Dan Gambar Ilustrasi yang bisa kami jelaskan. Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat dan terima kasih.

Baca juga: