10 Manfaat Biologi Dalam Bidang Budidaya Dan Pertanian Pengelolaan Lingkungan

Posted on

10 Manfaat Biologi Dalam Bidang Budidaya Dan Pertanian Pengelolaan Lingkungan

10 manfaat biologi dalam bidang budidaya dan pertanian pengelolaan lingkungan – manfaat biologi dalam bidang pertanian serta pengelolaan lingkungan ini ada banyak sekali. Namun, sebelumnya kalian harus mengerti apa yang di maksud dengan biologi. Berikut ulasan lengkapnya mengenai 10 manfaat biologi dalam bidang budidaya dan pertanian pengelolaan lingkungan.

Pengertian biologi

Biologi asalnya dari bahasa yunani, yang mempunyai penggalan kata “bios” dan “logos” masing-masing kata artinya ilmu dan hidup. Maksudnya disini ialah biologi termasuk sebuah ilmu yang mempelajari organisme hidup dan hubungan bersama lingkungannya.

Kata hidup sendiri sebenarnya biologi Cuma mempelajari makhluk hidup yang di dalamnya mempelajari tentang fungsi, sistem, tumbuh serta kembang, adaptasi dan masih banyak lainnya. Biologi mencakup banyak, mulai dari yang terkecil hingga makhluk hidup terbesar dan di dalamnya membahas mengenai bidang pertanian.

Menurut garis besaarnya, ada 2 cabang ilmu biologi, antara lain ilmu :

1. Zoologi : ilmu yang mempelajari mengenai hewan
2. Botani : ilmu yang mempelajari mengenai tumbuh-tumbuhan

Cabang Biologi yang Membahas Pertanian

Terdapat cabang ilmu biologi lain yakni berhubungan dengan pertanian, diantaranya :

  1. Ekologi : ilmu yang mempelajari hubungan antara makhluk hidup dan lingkungannya.
  2. Fisiologi : ilmu yang mempelajari mengenai bentuk fisik dan cara kerja organisme.
  3. Entomologi : ilmu yang mempelajari mengenai serangga dan kehidupannya.
  4. Virologi : ilmu yang mempelajari berbagai susunan tubuh makhluk hidup.
  5. Bioteknologi : ilmu yang mempelajari mengenai pemakaian proses biologi guna penyediaan dan jasa untuk manusia.
  6. Genetika : ilmu biologi yang mempelajari mengenai penurunan sifat makhluk hidup untuk keturunanannya.
Baca Selengkapnya  4 Peranan Filum Echinodermata Bagi Kehidupan - Pengertian, Ciri dan Karaktersitiknya

Negara kita adalah negara yang kaya sumber dayanya termasuk pula didalamnya bidang pertanian menurut data di indonesia menyediakan lapangan pekerjaan bidang pertanian dengan prosentase 44,3%.
Sebelum lebih jauh membahas pertanian maka kita fahami dulu yang dimaksud dengan pertanian. Pertania ialah suatu peristiwa yang memanfaatkan hasil SDA. Kegiatan ini yang menjalankan manusia untuk memperoleh bahan pangan, bahan baku industri sebagai energi atau menjaga keseimbangan alam sendiri.

Kegiatan pertanian yang difahami sebagian orang ialah bercocok tanam dan pembesaran hewan ternak, walaupun mencakup berbabagai manfaat mikroorganisme serta bioenzim dalam pengolahan produk berikutnya, misalnya pembuatan keju dan tempe, ekstraksi semata misalnya menangkap ikan atau lainnya.

Manfaat biologi bidang pertanian

Dalam bidang ini biologi bermanfaat dapat memberikan pemahaman terhadap kita semua yang mengelola/ bekerja di bidang pertanian guna mengenal dan mengembangkan ilmu biologi demi kelangsungan sumber daya alam yang bisa kita kelola secara baik. Namun, tak hanya memanfaatkannya saja yang dibahas disini. Yakni pemahaman mengenai bioteknologi (ilmu yang mempelajari mengenai pemakaian proses biologi guna penyediaan dan jasa untuk manusia) baik dalam prosesnya atau ruang lingkup khusus kegiatan bioteknologi tersebut sendiri.

Jadi, wujudnya manfaat bidang ini ialah pemilihan bibit unggul guna kelangsungan pertanian dan bisa mengedukasi para petani supaya orang yang bercocok tanam maupun berladang bidang pertanian. Disini kalian bisa tau bagaimana cara bercocok tanam baik segi waktunya atau segi tanahnya, membuat inovasi baru jadi bisa secara mudah membunuh hama yang bisa merusak tanaman yang kita tanam, hasil persilangan pun bisa memberikan tanaman bibit unggul.

Penerapan biologi bidang pertanian

Di dalam penerapan biologi dalam bidang pertanian, kita perlu mengenal lebih dulu namanya bioteknologi. Bioteknologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai pemakaian proses biologi penyediaan dan jasa manusia. Bioteknologi dibedakan 2, yakni :

  • Bioteknologi klasik
    Yaitu memakai metode sederhana dan peralatannya sederhana pula.
  • Bioteknologi modern
    Yaitu dengan memindahkan gen mapun transfer gen terhadap makhluk hidup satu dan lainnya yang ditujukan dapat menghasilkan sebuah produk lebih baik.
Baca Selengkapnya  Selulosa : Pengertian, Jenis, Struktur, Sifat dan Manfaatnya  Terlengkap

Ruang Lingkup Kegiatan Bioteknologi

Selain ada proses bioteknologi, ada juga ruang lingkup kegiatan khusus bioteknologi sendiri, yakni :

  • Rekayasa genetika
    Teknik yang dipakai rekayasa ini menggabungkan gen satu makhluk bersama makhluk lain. Teknik ini misalnya teknik transfer nukleus, pemotongan, penyambungan serta penyisipan gen yang mana tekni ini tujuannya mencari maupun menciptakan jenis tanaman yang bersifat unggul khusus. Contohnya ialah jagung hibrida.
  • Kultur jaringan
    Dengan memakai teknik ini, tanaman yang berkhasiat menjadi obat maupun tanaman budi daya yang unggul mutunya bisa diproduksi dengan waktu cepat dalam jumlah banyak tanpa membutuhkan lahan luas dan keadaan steril. Contohnya yang sudah berhasil ini tanaman kelapa sawit, tanaman pisang, anggrek dan wortel.
  • Teknik mutasi
    Teknik ini sebuah gen/ DNA suatu tanaman dengan memakai radiasi sinar radioaktif misalnya betha, sinar alfha, gamma/ cara lain memakai senyawa kimia bernama kolkisin. Namun kekurangan teknik ini dalam proses pembesaran buah tak diikuti bijinya, jadi bijinya hilang dan tidak bisa melahirkan sel baru yang buahnya dapat besar sebab tidak terdapat biji.

Kemudian teknik mutasi sinar radioaktif gamma kadang ditujukan guna menghasilkan biji tanaman padi palawija supaya usianya pendek (cepat panen), banyak hasilnya dan tahan dari serangan hama wereng.

Dari paparan yang sudah kami berikan tentang 10 manfaat biologi dalam bidang budidaya dan pertanian pengelolaan lingkungan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa sebagai negara agraris yang pemanfaatannya biologi pertanian inilah yang tepat sekali di implementasikan. Selain dapat memperbaiki tumbuh tumbuhan yang kurang subur, dapat pula dijumpai tumbuhan yang bisa menjadi obat berguna sekali bagi manusia. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa bermanfaat ntuk kita semua. Terima kasih.

Baca Selengkapnya  Sitoplasma : Pengertian, Ciri, Struktur, Fungsi, Dan Komponen

Baca juga:

Proses Terbentuknya Pupuk Kompos

Cara Rehabilitasi Pertanian Yang Benar Dan Tepat